Share

 

Bondowoso – Perbaikan dan peningkatan infrastruktur menjadi fokus utama pembangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bondowoso. Termasuk di antaranya pembangunan jembatan penghubung antar desa. Tidak semata mengandalkan anggaran pemerintah, Dinas PUPR kini juga menggandeng donatur dalam proses pembangunannya.

“Untuk proses pembangunan dan pembiayaannya dibantu oleh donatur dari Swiss. Kita hanya menentukan titik pengerjaannya. Alhamdulillah, ini patut kita syukuri,” ujarnya saat meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun jembatan gantung di desa Gadingsari, Pakem, Kamis (16/3). Rencananya, jembatan tersebut akan menghubungkan desa Gadingsari dengan desa Sumber Argo, Sumber Malang, Situbondo.

Pantauan memoindonesia.com, akses antar dua desa berbeda kabupaten tersebut kini hanya dihubungkan dengan jembatan kayu yang dibangun secara swadaya. Jembatan kayu itu membentang di atas sungai Deluwang yang bersumber dari gunung Argopuro.

Akses tersebut setiap harinya dimanfaatkan oleh ribuan warga dari enam desa di kecamatan Sumber Malang untuk kegiatan ekonomi atau pun anak-anak yang sekolah di kecamatan Pakem.

Menurut Karna, pihaknya sudah menentukan titik di mana jembatan tersebut nantinya akan dibangun. “Kontruksinya adalah jembatan gantung,” tukasnya.

Dia menambahkan, selain di desa Gadingsari tersebut, pihaknya juga akan membangun jembatan gantung yang menghubungkan dua kabupaten, yaitu jembatan penghubung antara desa Bercak Asri, Cerme dengan Curah Tatal, Situbondo. “Untuk jembatan gantung antar kabupaten ini ada dua titik itu,” ungkapnya.

Total, kata dia, ada tujuh titik jembatan gantung yang akan dibangun hasil kerjasama Dinas PUPR dengan donatur asal Swiss. “Kita juga sudah rencanakan pembangunan di desa Gunung Anyar, Gentong, Pujer Baru, Bajuran dan desa Plalangan,” pungkasnya.

Rencana pembangunan jembatan gantung tersebut mendapat apresiasi dari Jalis Kepala Desa Sumber Argo, Sumber Malang, Situbondo. Jika terealiasi nantinya, maka jembatan itu akan sangat membantu warga yang sudah bertahun-tahun mendambakan adanya jembatan yang lebih kokoh.

“Kita akan sangat berterimakasih kepada Pemkab Bondowoso yang sudah memberikan perhatian. Semoga jembatan ini segera terealisasi,” harapnya. (esb)