Share

BONDOWOSO – Puluhan foto destinasi dan kebudayaan di Bondowoso terpajang di Gor Pelita, Kamis (15/12).

Sejumlah masyarakat pun terlihat berbondong-bondong hadir, untuk melihat pameran itu. Ternyata gambar yang dipajang, merupakan karya dari para fotografer profesional dari berbagai daerah.

Gambar-gambar itu sengaja dipajang, dalam rangka pameran fotografi gelar pesona kaldera ijen purba. Masyarakat yang ingin melihat keindahan alam di Bumi Ki Ronggo, khususnya yang masuk dalam situs Ijen Geopark. Bisa langsung mendatangi tempat tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, dari pintu masuk pengunjung akan dihadapkan dengan kain kanvas berwarna putih, dapat digunakan untuk membubuhkan tanda tangan. Setelah itu, puluhan foto diletakkan sedemikian rupa, agar dapat dinikmati oleh siapapun.

Baca Juga : SD SAIC Bondowoso Gelar Pameran WWP, Pamerkan 95 Karya Hasil Kolaborasi Siswa dan Orang Tua

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengaku, mengapresiasi adanya pameran fotografi ini, karena dianggap bermanfaat bagi Pemkab. Dengan hasil jepretan itu, maka secara tidak langsung membantu promosi pariwisata. Meskipun dana yang digunakan ternikang sangat minim. “Hasil jepretannya gak perlu diragukan lagi,” katanya.

Selain itu, acara itu juga dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Serta bukan hanya hiburan semata, melainkan juga ajang edukasi bagi para generasi muda. Bahkan kedepan, dia berharap bukan hanya pameran saja. Melainkan juga merambah ke lomba fotografi tingkat nasional. “Untuk mengenalkan keindahan alam kaldera ijen,” tegasnya.

Bahkan Irwan juga mengaku, untuk kedepannya bisa ada sekolah foto di Bondowoso. Sehingga ada tempat edukasi khusus bagi masyarakat. Tujuannya, semua masyarakat bisa mempromosikan destinasi wisata, melalui hasil jepretannya sendiri.

Sementara itu Ervandi, salah seorang pengunjung pameran, mengaku cukup tertarik untuk mengunjungi pameran ini. Karena dapat mengetahui keindahan dari situs kaldera Ijen Purba di Bondowoso. Tanpa harus datang ke lokasi wisata. “Cuma sayang, belum ada keterangan dan siapa fotografernya. Ya meskipun ada e-catalognya,” pungkasnya. (abr)