Share

SITUBONDO – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Situbondo memusnahkan ribuan botol miras berbagai merk dan puluhan knalpot brong, Kamis (23/12/2021). Kegiatan tersebut berlangsung sesuai apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Santri Pancasila. Khususnya menjelang perayaan natal dan tahun baru 2022.

“Kami menginginkan Kabupaten Situbondo ini bebas dari peredaran miras. Karena miras ini berpengaruh buruk terhadap masyarakat. Terlebih lagi bagi generasi muda. Kemudian juga aksi balap liar yang meresahkan warga, khususnya pengguna jalan,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Imam Rifai ini menyampaikan, total ada 1.715 botol miras yang dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat silinder. Dan 25 buah kenalpot brong 25 yang dipotong dengan menggunakan gergaji mesin.

Baca Juga : Puluhan KK Korban Banjir Bandang Ijen 2020 Dapat Lahan Pinjam Pakai, Luasnya 4,6 Ha

“Barang bukti yang kita musnahkan hari ini adalah hasil razia cipta kondisi yang digelar Polres Situbondo mulai bulan Januari hingga Desember 2021,” ujarnya.

Lebih jauh, Mantan Penyidik KPK RI ini mengungkapkan dalam mendukung Operasi Lilin Semeru 2021, total ada sekitar 600 personil gabungan yang dilibatkan. “Mulai dari unsur Polres Situbondo, PJR Polda Jatim, Kodim 0823, Subdenpom V, Dishub, Dinkes, Satpol PP, Damkar, Perhutani dan Banser,” tukasnya.

AKBP Imam Rifai menerangkan, pihaknya juga sudah mendirikan pos pengamanan (Pospam) yang tersebar di 5 lokasi. Yakni Pospam Utama Raya perbatasan Situbondo – Probolinggo, Pasir Putih, Kota, Pelabuhan Jangkar dan Baluran.

“Nantinya kita berhentikan satu-persatu kendaraan maupun masyarakat yang lewat. Kita cek apakah sudah vaksin atau belum. Kemudian kami menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19,” pungkasnya. (Ozi).