Share

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) setenpat menyelenggarakan Festival Muharrom (Fesmuh) 2024, di Lapangan Sekarputih, Kecamatan Tegalampel.

Acara dalam rangka peringatan malam tahun baru islam itu, dilaksanakan selama 10 hari mulai Sabtu (6/7/2024).

Menariknya, acara yang biasanya diselenggarakan di Alun-alun Ki Bagus Asra kabupaten itu. Kini, diselenggarakan di Lapangan Sekarputih, Kecamatan Tegalampel.

Kendati dilaksanakan tak di jantung kota, perayaan Fesmuh tahun ini tak kalah meriah. Masyarakat bisa dengan gratis melihat pameran berbagai produk-produk UMKM dan IKM makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Hingga, berbagai program-program layanan pemerintah, perbankan, hingga BUMN atau pun BUMD.

Tak hanya itu, berbagai potensi kekayaan alam Bondowoso yang telah disulap menjadi berbagai produk-produk berdaya jual pun turut ditampilkan.

Tak kalah menarik, kreasi tarian dan musik patrol di panggung kreasi pun turut disajikan tepat saat pembukaan yang dilakukan secara simbolis oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto.

Kepala Diskoperindag Bondowoso, Munandar, menjelaskan, tujuan pelaksanaan Fesmuh ini tak hanya menyemarakkan malam tahun hijriah saja. Melainkan, sekaligus bentuk tekat dan semangat yang kuat untuk memajukan para pelaku usaha di Bondowoso.

“Ini juga sekaligus mengapresiasi seluruh karya dan potensi kekayaan yang dimiliki Bondowoso,” terangnya.

Baca Juga : SBY dan AHY Nonton Proliga Bareng Cakada se-Jatim, Ada Bung Karna

Karena itulah, kata Munandar, ada puluhan stand yang bisa didatangi oleh masyarakat. Dimana 43 stand di antaranya, khusus untuk pelaku usaha.

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, pihaknya sengaja meletakkan acara Fesmuh ini di tempat berbeda seperti biasanya. Dengan harapan untuk meciptakan perputaran ekonomi baru di Kecamatan Tegalampel.

“InsyAllah Agustus, saya juga akan menyelenggarakan ada Festival Ki Ronggo juga akan diletakkan di Tegalampel,” ungkapnya.

Ia menerangkan, melalui festival ini pihaknya ingin memberikan wadah untuk menggelar potensi dan meraih prestasi bagi masyarakat dan pelaku ekonomi.

“Terima kasih antusiasme masyarakat,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, secara simbolis acara Fesmuh 2024 ini dibuka dengan penabuhan bedug oleh Pj Bupati Bambang Seokwanto berdama jajaran Forkopimda setempat. Turut pula diiringi dengan pembacaan sholawat. (Och)