BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni melantik empat kades di Pendapa Bupati, Senin (15/1). Empat kades tersebut merupakan calon yang berhasil mengalahkan petahana di masing-masing desa, yakni desa Poncogati, Locare, Jatisari, dan Pekalongan.

Dalam sambutannya Bupati Amin Said Husni mengatakan, pelantikan kades ini menjadi langkah pertama dalam rangka membangun desa. Pertama-tama kades yang telah dilantik ini harusnya melakukan konsolidasi dengan semua pihak, termasuk kompetitor yang kemarin bersaing saat Pilkades.

“Ajak dan rangkul semua potensi di desa untuk bersama-sama membangun desa. Karena tidak mungkin saudara membangun desa sendirian,” ujarnya.

Menurutnya, untuk membangun desa sudah ada rambu-rambu yang lengkap dan jelas. Untuk itu, perlunya memahami peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pemerintahan desa, perencanaan pembangunan di desa, pelaksanaan maupun pelaporannya.

“Semuany sudah tersedia, mulai dari peraturan setingkat undang-undang, sampai dengan yang paling bawah peraturan bupati,” kata Bupati Amin.

 

Baca Juga : Bupati Amin Sebut Dhafir – Hidayat Kompak

 

Selanjutnya, kata Bupati Amin, pentingnya kades untuk mengenali potensi desa kemudian kembangkan potensi tersebut, yang diyakini bisa jadi faktor pemicu dan pemacu perekonomian dan kemajuan di desa.

“Apakah itu berupa ekonomi desa, apakah berupa destinasi wisata, atau usaha-usaha yang dapat dikelola Bumdes. Sehingga bisa menjadi motor penggerak perekonomian di desa,” jelasnya.

Kemudian, perlunya membuat perencanaan secara cermat berdasarkan potensi-potensi yang ada, memanfaatkan sumber-sumber pendanaan dengan mempertimbangkan visi setiap kades.

“Tentu saudara punya angan-angan yang jika lebih disistemisasikan itu bisa menjadi visi. Mau dibangun ke arah seperti apa yang saudara pimpin” ujarnya.

Dalam pelantikan tersebut tampak hadir, Ketua DPRD Ahmad Dhafir, Sekda Hidayat, Wakapolres Kompol Kurniawan Wulandono, dan sejumlah kepala SKPD.(och)