Share

BONDOWOSO – Tohari dari Partai kebangkitan Bangsa (PKB) dan Andi Hermanto Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) telah diumumkan menjadi pengganti dua pimpinan DPRD yang mengundurkan diri karena mengikuti kontestasi Pilbup 2018. Pengumunan tersebut disampaikan saat rapat paripurna tertutup di Gedung DPRD, Kamis (22/2). Adapun Ketua DPRD sebelumnya dari Partai PKB Ahmad Dhafir dan Wakil Ketua DPRD dari PDIP Irwan Bachtiar dinyatakan telah resmi mengundurkan diri di dalam rapat paripurna tersebut.

Menurut Pimpinan DPRD Buchori Mun’im, kedua pengganti itu, masih dalam proses untuk mendapatakan SK dari Gubenur melalui Bupati. Untuk dilantik menduduki jabatan definitif sebagai Pimpinan.

 

Baca Juga : Bupati Amin Ingatkan Agar Pengelolaan BOS Sesuai Perencanaan

 

“Paripurna ini merupakan tindak lanjut setelah dua Pimpinan Ketua bersama wakil satu mengudurkan diri. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2010, usulan pemberhentian Pimpinan dilaporkan dan ditetapkan dalam rapat Paripurna,” jelasnya.

Sebelum kedua Pimpinan mengundurkan diri, ada empat Pimpinan di Gedung palemen itu. Satu orang menduduki jabatan sebagai ketua, tiga orang lainnya menduduki jabatan sebagai wakil. Sebelum jabatan definitif diduduki oleh pengganti, semua rapat dipimpin oleh Buchori mu’in bersama Budi hartono, sisa pimpinan yang ada.

“Kami secara bergantian memimpin rapat. Semuanya sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam berita acara, dibuat oleh kami berdua. Baik memimpin rapat maupun menandatangani surat” terangnya. (och)