Share

Bondowoso – Drama kolosal Legenda Dewi Rengganis menjadi salah satu suguhan yang menarik hati ratusan penonton yang hadir dalam acara Kunjungan Kemendes dan tim Kompak (Kolaborasi Masyarakat dan Pelatanan untuk Kesejahteraan) di Objek Wisata Air Terjun Sulaiman, Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Selasa (2/5/2017).

Puluhan anak-anak berusia sekitar 9-10 tahun dari desa Glingseran berkolaborasi dengan Komunitas Kesenian Teras Fakultas Sosial Budaya Universitas Jember. Dalam pertunjukannya, mereka menceritakan legenda Dewi Rengganis dengan apik. Panas yang menyengat tidak mengurangi semangat mereka untuk menyuguhkan legenda yang digaung-gaungkan terjadi di Taman Rengganis, taman yang berada sekitar 200 meter dari Air Terjun Sulaiman.

Menurut Muhammad Idrus Ali Bahrun, Anggota Komunitas Kesenian Teras Unej, dipilihanya legenda Dewi Rengganis ini karena berdasarkan keterangan warga sekitar. Batu ampar yang saat ini telah disulap menjadi Taman Rengganis, terdapat sumber air yang dulunya menjadi tempat mandinya Dewi Rengganis. Selain itu, menurut Bahar, panggilannya, pada 1962, di salah satu situs di Desa Glingseran ini ditemukan pakaian Dewi Rengganis. “Itu informasi yang saya dapat dari warga sekitar sini. Dan saya juga menanyakan pada juru kunci Desa Glingseran.”

Karenanya melalui, pementasan Drama Kolosal ini diharapkan nanti generasi muda yang menonton maupun seluruh pengunjung yang hadir bisa mengetahui bahwa Nama Rengganis yang menjadi ikon wisata Desa Glingseran ini filosofinya dari Legenda Dewi Rengganis yang pernah terjadi di Desa Glingseran.

Untuk informasi, tim Kemendes dan Kompak mengunjungi Desa Glingseran, Kecamatan Wringin. Kedatangan mereka untuk melakukan survey terkait Bumdes dan PPID, sekaligus mengunjungi salah satu Objek Wisata Desa Glingseran, Air Terjun Sulaiman.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Rengganis, Desa Glingseran, Muhammad Abdahu, mengatakan, bahwa dipilihnya Desa Glingseran untuk dikunjungi karena Desa ini menjadi salah satu dari dua desa di Bondowoso yang menjadi binaan Kompak. (och/esb)