Share

SITUBONDO – Jasper Ho, investor asal Cina menemui Bupati Situbondo, Karna Suswandi, di Ruang Intelligence Room (IR) Pemkab Situbondo, Selasa (24/1). Tujuannya untuk membahas rencana investasi di Kawasan Merak-Baluran. Khususnya dalam bidang pariwisata, pertanian dan pendidikan.

Rencana investasi di Kawasan Merak-Baluran tersebut mendapat respon dari Anggota Komisi II DPRD Situbondo, Abdul Aziz. Menurut Legislator Dapil IV ini bila terealisasikan, investasi tersebut berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kawasan Merak-Baluran.

“Kami welcome ke investor, karena dampaknya pasti besar ke pertumbuhan ekonomi di Situbondo dan kesejahteraan warga di sana. PAD (Pendapat Asli Daerah -red) kita juga pasti naik signifikan,” ujarnya kepada Memo Indonesia.com, Senin (30/1/2023).

Selain itu, lanjut Aziz, dengan adanya investasi tersebut berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja. “Maka secara otomatis, angka pengangguran di Situbondo menjadi berkurang,” tambahnya.

Namun Politisi Partai Gerindra ini meminta, harus adanya regulasi yang membatasi wilayah di Kawasan Merak-Baluran yang boleh dibuka untuk investor. “Cuman yang perlu dipikirkan adalah bagaimana dampak daripada investor tadi, karena di sana itu Taman Nasional yang perlu dijaga kelestariannya,” tegasnya.

Baca Juga : Warga Sumberkolak Digegerkan dengan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki

Lebih lanjut, Aziz menyampaikan, pihaknya tidak menghendaki adanya investasi tersebut mengganggu habitat hewan dan tumbuhan di Kawasan Merak-Baluran. “MoU nya harus jelas itu antara Pemkab Situbondo, Taman Nasional dan investor. Kalau tidak ada MoU nya ya tidak boleh ada investasi di sana,” bebernya.

Bila rencana investasi tersebut sudah final, Aziz memastikan pihaknya bakal memanggil Kepala OPD yang berkaitan dengan investasi di Kawasan Merak-Baluran. “Itu pasti, dalam bentuk koordinasi. Tentunya kami juga ingin tahu di mana saja yang akan menjadi wilayah investasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyambut baik rencana kerjasama tersebut. “Jadi ada beberapa poin yang disampaikan. Intinya kami sangat cocok dan akan merespon dengan sebaik-baiknya sepanjang kerjasamanya saling menguntungkan,” ujar pria yang akrab disapa Bung Karna ini. (Ozi)