Share

Bondowoso – Sebanyak enam Rancangan Peraturan Daerah disahkan menjadi Perda dalam rapat Paripurna Penetapan 6 raperda Kab.Bondowoso di Gedung DPRD, Kamis (30/3/2017). Dari enam Perda itu, tiga di antaranya Perda terkait dengan desa, yakni peraturan daerah tentang tata cara pemilihan, pengangkatan serta pemberhentian kepala Desa. Kemudian, Perda tentang pembangunan desa dan kawasan perdesaan serta Perda tentang pengelolaan keuangan dan aset desa.

Sementara itu, seperti dikuti dalam laporan yang dibacakan oleh Harimas, Sekertaris DPRD, tiga perda lainnya adalah tentang Pembentukan BUMD-Perseroan Terbatas Bondowoso Gemilang. Kemudian Perda terkait Bangunan hukum. Dan terakhir Perda tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kabupaten Bondowoso.

Adapun penandatanganan Perda ini dilakukan dihadapan 38 anggota Dewan serta seluruh Kepala SKPD dan Forpimda.

Terkait Perda Pembentukan BUMD-Perseroan Terbatas Bondowoso Gemilang, Bupati Amien Said Husni mengatakan, untuk selanjutnya pihaknya akan membuat Perbup, yang diikuti juga dengan pembentukan tim seleksi pimpinan perusahaan mulai dari Komisaris hingga dewan direksi. “Kriterianya di antaranya profesional, berintegritas, punya visi dan networking,” katanya.

Terkait dengan modal yang aka dikucurkan, Bupati mengatakan bahwa masih akan dipelajari dan dihitung teknis apa saja kebutuhan yang harus disedikan untuk kemudian akan dimusyawarhkan dengan DPRD. (och/esb)