Share

SITUBONDO – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPPA ) Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi lindungi anak dari bahaya adiktif internet dan game oneline, Selasa (7/12/2021).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat menjelaskan, di tengah era teknologi informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini.

Banyak game online dan derasnya informasi yang bisa diakses oleh anak-anak dengan mudah.

“ Jika hal ini tidak diawasi akan berdampak terhadap pola pikir anak,” jelasnya.

Karena itulah, kata Imam, pentingnya pembekalan terhadap orang tua untuk mengawasi penggunaan gadget oleh anak-anak.

Baca Juga : Lapas Klas II B Bondowoso Terima 4 Napi Narkoba dari Lumajang

Sehingga, anak-anak tidak mudah terjerumus pada gadget game online dan film pornografi yang sangat mengganggu pada mental anak sekarang ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab setempat, Drs. H. Saifulah, MM menambahkan, pentingnya perananan orang tua untuk bisa mengarahkan putra-putrinya dalam menggunakan kecanggihan teknologi ke hal-hal yang positif.

“Kita menggunakan perlindungan perempuan dan anak sebagaimana yang diatur oleh Perda No.6 Tahun 2020, dan kita harus memakai sistem digital parenting pengasuhan anak secara digital,” pungkasnya.

Nara sumber dalam sosialisasi yang berlangsung di aula lantai dua Pemkab Situbondo ini, antara lain dr.Dewi Priska Sembiring S.p.K.J. dokter spykologi RSUD Abdoer Rahem Situbondo dan Kanit PPA Polres Situbondo Indah Iswahyuni.

Adapun peserta sosialisasi yakni, tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan jurnalistik serta dari forum perlindungan anak Kabupaten Situbondo.(Her)