Share

SITUBONDO – District Project Management Unit (DPMU) Pamsimas III bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Situbondo mengadakan pelatihan penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sansui, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit ini dilaksanakan selama empat hari, 12-15 Oktober 2021.

M. Nur Hadi, DC Tim Regional Oversight Management Services (ROMS), pelaksana program tingkat Kabupaten Situbondo mengatakan, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) ini dilaksanakan untuk mendukung dua agenda nasional.

Yaitu untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak secara berkelanjutan.

Baca Juga : Capaian Vaksinasi Naik Signifikan Dalam Waktu Singkat, Kapolri Puji Kerja Forkopimda Situbondo

“Program Pamsimas dalam pelaksanaannya ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari semua unsur mulai pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat, dan non pemerintahan, termasuk pihak swasta, BUMN dan BUMD,” ungkapnya.

Melihat pelaksanaan Pamsimas ini melibatkan semua unsur, termasuk pemerintah desa. Maka dalam pelatihan pihaknya memberikan pemahaman, peran, fungsi dan kapasitas Pemerintah Desa dan Kecamatan yang menjadi lokasi program Pamsimas III keberlanjutan program Pamsimas tahun sebelumnya.

Ia berharap setelah terbangun sarana dan prasarana air minum dan sanitasi dari program Pamsimas ini. Masyarakat bisa melakukan pemeliharaan dan pengelolaan.

“Sehingga sarana yang baru terbangun dapat berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Kadis PMD H Lutfi Joko P. Turut hadir saat kegiatan, District Koordinator ( DC) Bp M Nur Hadi Tim ROMS Pamsimas III.

Sementara penutupannya sendiri turut pula dihadiri Kadis PUPR Situbondo Gatot Siswoyo.

Adapun total kepala desa yang turut dalam pelatihan itu ada 60 orang.(Ipung/och)