Share

BONDOWOSO – Dewan Pengurus Cabang (DPC), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah (FKDT) Bondowoso menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Administrasi bagi lembaga Madrasah Diniayah (Madin) di Madrasah Mambaul Ulum Desa Sulek, Tlogosari, Senin (1/3/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag Bondowoso, Drs. H. Sholihul Kirom, Kasi Pendidikan Dikbud Bondowoso, Kanie Rakhmawati, Moh Ali Mansur, Kasi PD. Pontren dan Operator Emis Kabupaten, Haerullah.

Ketua DPC FKDT Bondowoso, Bahrul. S.Pd.i, mengungkapkan, Bimtek tersebut untuk meningkatkan kualitas administrasi kelembagaan Madin. Sebab, selama ini mayoritas Madin dinilai belum menjalankan sistem administrasi lembaga dengan maksimal. Banyak data dan dokumen penting yang tidak terarsifkan dengan baik.

“Mengingat selama ini kelembagaan diniyah non formal bisa dikatakan mati administrasi,” ungkapnya usai pembukaan acara Bimtek.

 

Baca Juga : Tiga Balita Terserang DB, Lurah Ardirejo Lakukan Fogging

 

Kepala Sekolah Madrasah Mambaul Ulum tersebut menyebut, persoalan administrasi pada Madin tidak ada yang mengontrol, termasuk dari Kemenag. Oleh sebab itu, tak ayal jika sering timbul permasalahan administratif pada Madin saat hendak menerima pembinaan.

“Memang nyata. Terkait administrasi tidak ada yg mengontrol. Makanya kami gagas giat ini,” terangnya.

Alumni PKP NU angkatan 32 tersebut berharap seluruh peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat melalui Bimtek di Madin masing-masing.

“Pulang-pulang Kepala Madin ini agar ada perubahan. Terkait administrasi yg lebih baik,” harapnya.

Sementara Kepala Kemenag Bondowoso, Drs. H. Sholihul Kirom, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh DPC FKDT Bondowoso. Menurutnya, Bimtek tersebut sangat penting untuk menyempurnakan administrasi lembaga.

“Administrasi sangat penting terhadap keberlangsungan Madrasah Diniyah. Buku induk misal, itu merupakan ruh lembaga yang harus ada,” pungkasnya.

Materi yang diberikan diantaranya bimbingan peningkatan mutu Madrasah Diniayah ula, wustha, dan ulya, tata kelola Bosda Madin, kurikulum Madrasah Diniyah takmiliyah, administrasi kelembagaan dan updating data emis.

Untuk informasi, DPC FKDT Bondowoso akan melakukan Bimtek kepada kurang lebih 800 Kepala Madin secara bertahap yang dibagi dalam 16 gelombang. Tahap awal telah dilakukan di Kecamatan Tlogosari. (abr)