BONDOWOSO – Sebanyak 50 juru pengairan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Bondowoso mengikuti Bimtek operasi dan pemiliharaan jaringan irigrasi tingkat juru, di aula Dinas PUPR, Senin (30/7).

Sugiarto, Juru Pengairan dari desa Gunung Anyar, menerangkan, bahwa selama dua hari mulai Senin (30/7) ini dirinya dan juru air yang lain akan mengikuti bimtek. Selama pelaksanaan, Ia akan diajari tentang operasi dan pemeiliharaan dari irigasi. Kemudian, melakukan pengaturan buka tutup air, rencanan tata tanam, dan pengukuran debit.

“Ini semua pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang juru pengairan,”katanya.

Baca Juga : Ahli Nutrisi Ternak Akan Oberservasi Pakan, Ini Harapan Plt.Sekda

Sementara itu, Plt. Sekda Karna Suswandi mengatakan, dengan bimtek ini diharapkan para juru pengairan bisa melaksanakan tugas secara professional dan bisa melayani para petani secara lebih maksimal.

“Saya tadi berharap ada kreatifitas, ada inovasi di dalam rangka bagaimana seluruh masayrakat petani bisa teraliri sawahnya itu dengan sebaik-baiknya dengan kinerja dari para juru pengairan secara maksimal dengan peningkatan SDM melalui bimtek,”terangnya.

Ia pun mengaku bersyukur bahwa sejauh ini tidak terjadi kekurangan air dalam pengairan sawah petani. (och)