Share

BONDOWOSO – Palang Merah Indonesia (PMI) Markas Bondowoso menggelar aksi galang dana untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan demi membantu masyarakat yang terdampak konflik dan mendukung pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine, Myanmar. Penggalangan dana digelar di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Minggu (10/9/2017).

Ketua PMI Bondowoso, Miftahul Huda menuturkan, aksi tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian atas tragedi kemanusiaan pada etnis Rohingya yang terjadi di Myanmar yang samapai detik ini tak kunjung usai.

“Sudah seharusnya kita membuka mata dan hati untuk membantu saudara kita yang sedang kesulitan. Mereka membutuh kan uluran tangan kita semua untuk bertahan hidup, khususnya warga Bondowoso” ungkap Miftah.

Menurut Miftah, aksi kemanusiaan tersebut juga digelar sebagai simbol solidaritas sesama mahluk sosial. Ada pun langkah nyatanya adalah dengan mengajak masyarakat untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disumbangkan melalui para relawan PMI. Kemudian hasil dari galang dana tersebut akan disumbangkan untuk pembagunan rumah sakit Indonesia di Rakhine, Myanmar.

 

Baca Juga : Punya Alat Ini, UTD PMI Bondowoso Sudah Bertaraf Internasional

 

“Hasilnya akan kita kirim ke rekening PMI pusat untuk dipergunakan menyelesai kan pembangunan rumah sakit Indonesia di Rakhine. Tentu sebagai langkah untuk memeberikan bantuan kesehatan warga rohingya yang terkadang sampai mengalami tindak kekerasan,” tambah Miftah.

Pantauan Memo Indonesia, Aksi tersebut dimulai pada pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB. Relawan yang dimaksud besar dari ratusan pelajar dan mahasiswa yang tergabung di keanggotaan Palang Merah Remaja (PMR) dan Korp Sukarela (KSR) Unit Perguruan Tinggi.

Selain relawan PMI, juga terlihat beberapa aktivis Hinpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STAI At-Taqwa turut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan itu. Setidaknya mereka berhasil mengumpul kan dana sebesar Rp. 5.365.400  dari tangan dermawan masyarakat Bondowoso. (abr)