Share

SITUBONDO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo mengajak masyarakat untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. Caranya dengan mengadakan kegiatan penukaran lima botol plastik dengan satu bibit pohon atau lima kilogram pupuk kompos. Kegiatan itu berlangsung di Alun-alun Situbondo, Minggu (9/6/2024).

Kegiatan tersebut masih dalam satu rangkaian peringatan hari lingkungan hidup se-Dunia yang digelar oleh DLH Situbondo.

Kepala bDLH Situbondo, Ahkmad Yulianto mengatakan, DLH menyediakan enam jenis bibit pohon dengan jumlah total 1000 bibit pohon dan 650 pupuk kompos untuk kemudian masyarakat bisa menukarkan dengan lima botol plastik.

Baca Juga : DLH Situbondo Gelar Grebek Sampah Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

“Masyarakat wajib membawa lima botol plastik dengan satu bibit pohon bebas memilih, ada Bibit Pohon Sirsak, Nangka, Alpukat dan ada bibit pohon Tabebuya, Trembesi serta Sengon, atau masyarakat bisa menukar dengan 5 kilogram pupuk kompos,” ujarnya.

“Masih dalam semangat hari lingkungan hidup se-dunia. Oleh karena itu, kami berinovasi dengan melakukan jemput bola dalam tajuk grebek sampah malam Minggu kemarin, dan Minggu pagi saat ini kegiatan penukaran sampah dengan bibit atau kompos,” tambah Yuli.

Lebih lanjut, Yuli mengajak, masyarakat Situbondo untuk terus menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai. “Mari menjaga lingkungan hidup kita dengan bersedekah oksigen, sebab lebih baik menanam pohon daripada menanam sampah plastik,” pungkasnya. (Ozi)