Share

BONDOWOSO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bondowoso mengaku optimistis mampu menyelesaikan perekaman E-KTP sebelum 27 Juni 2018. Karena, sekarang pihaknya terus “jemput bola” dengan mendatangi desa-desa, bahkan dalam sehari mobil perekaman keliling hingga empat desa.

Priono Hadi Siswanto, Sekertaris Dispendukcapil Bondowoso, mengakui bahwa sebenarnya alat perekaman E-KTP itu hanya ada dua unit mobil yang keliling, dan dibantu oleh alat perekaman di kecamatan Tamanan, Cerme, dan Wringin. Termasuk perekaman nonstop di Dispendukcapil.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP masih kecil. Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan bantuan PPK dan PPS agar mendorong warga untuk melakukan perekaman e-KTP, terlebih saat tim mobil keliling perekaman datang ke kantor desa.

Ia mengaku bahwa pihaknya telah mengirimkan jadwal perekaman e-KTP kepada KPU Bondowoso, agar nantinya dibantu disebarkan kepada pihak PPS dan PPK.

“Biasanya warga antusiasmenya untuk datang ke tempat perekaman itu kecil. Itu yang kita butuh bantuan dari PPK dan PPS untuk mendorong warganya agar mau melakukan perekaman,” ujarnya.

Baca Juga : DPT Pilbup 2018 Bondowoso 578.741 Pemilih

Dispendukcapil dalam waktu dekat akan mengumpulkan seluruh Camat di Bondowoso, melalui Sekertaris Daerah, untuk mendorong desa agar warganya segera merekam saat mobil keliling datang ke kantor Desa atau Kecamatan.

“itu perekaman saya lupa jadwalnya, tapi (targetnya) sampai beberapa hari menjelang pencoblosan,” ujarnya.

Sementara itu, Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, mengatakan pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP yang sebelumnya terdata 30.858, yang data by name by address sudah disampaikan kepada Dispendukcapil.

“Yang 15 ribu sekian sudah selesai, dalam perjalanan proses rekam, jadi yang belum atau proses perekaman sekitar 40 persen sekian lah,” ujar Anam. (och)