BONDOWOSO – Pemerintah daerah saat ini terus melakukan akselerasi terhadap pengembangan potensi yang dimiliki. Media massa, sebagai penyebar luas informasi diharapkan berperan besar karena juga menjadi pilar kunci terhadap pembangunan daerah.

Hal itu diungkapkan oleh Haeriyah Yulianti, Kepala Diskominfo Bondowoso saat hadir di forum diskusi menyambut hari kebebasan pers di aula Mahardika, Rabu (3/5/2017). Dalam kegiatan tersebut, hadir para awak media yang tergabung dalam PWI, AJI dan IJTI.

Haeriyah mengungkapkan, pembangunan daerah tentu sangat membutuhkan andil besar dari media massa. Berbagai terobosan dalam pembangunan itu perlu mendapatkan dukungan luas dari masyarakat. “Untuk itulah, peran media dalam menyampaikan tujuan dan program pemerintah sangat dibutuhkan,” ujar perempuan berhijab ini.

Menurutnya, kerjasama antara pemerintah dan media itu perlu terus didorong. Dia menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam pola kerjasama tersebut. Kendati begitu, pihaknya akan terus melakukan pembenahan-pembenahan sehingga sinergi antara pemerintah dan media bisa terus dijaga.

“Kami sangat terbuka terhadap kritik dalam rangka terus meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan media,” ujarnya.

Di sisi lain, dia juga menyinggung maraknya media massa yang saat ini semakin banyak bermunculan. Kondisi itu menurutnya juga cukup bagus. Yang terpenting, media-media itu bisa menjalankan fungsinya dengan profesional. Sehingga output yang dihasilkan yaitu produk jurnalistik bisa benar-benar bermanfaat kepada masyarakat. (esb)