Share
Rute mudik gratis angkutan lebaran 2017 Jawa Timur.

SURABAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur mulai membuka pendaftaraan mudik gratis angkutan lebaran 2017. Mulai 5-6 Juni, dibuka pendaftaran mudik gratis lebaran dengan menyediakan 10 ribu seat yang didistribusikan dalam dua tahap.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, Isa Anshori mengatakan saat waktu pendaftaran dibuka 5 ribu seat dan diprediksi 5 ribu seat bakal habis untuk pendaftaraan hari pertama.

“Kita prediksi 5 ribu set pertama akan habis karena via online, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan pelayanan itu agar tidak terlalu bersusah payah untuk datang ke kantor Dishub Jatim,” katanya.

Pada mudik gratis angkutan lebaran 2017 pihaknya menambah jumlah bus, dari 510 bus di tahun lalu menjadi 530 bus.

 

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Siapkan Angkutan Mudik Gratis ke Madura

 

“Armada ini akan melayani rute mudik untuk 20 kabupaten dan Kota di Jatim yang diberangkatkan pada 22 dan 23 Juni,” ujarnya.

Program mudik gratis ini,dijelaskannya bisa dinikmati oleh warga Jatim yang saat ini bekerja atau merantau di Kota Surabaya dan ingin pulang ke kampung halaman. Selain moda bus, mudik gratis ini juga meyediakan angkutan gratis moda kereta api dan kapal laut.

“Syaratnya cukup fotokopi KTP dan KK. Tak ada batasan jumlah keluarga yang mendaftarkan anggotanya mudik gratis ini dan bisa mengajak anak istri sampai keponakan serta kerabat lainnya,” jelasnya.

Selain peserta mudik gratis bisa daftar melalui online, ditambahkannya mudik gratis ini juga bisa pendaftaran langsung manual, tidak online. Peserta mudik gratis atau yang mewakili harus membawa persyaratan itu ke Kantor Dishub Jatim di Jalan A Yani Surabaya.

“Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tidak sampai seminggu dibuka untuk sejumlah jurusan sudah ludes.Tujuan kota yang biasanya cepat habis adalah Ngawi, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Tulungagung. Begitu juga Banyuwangi dan Jember,” pungkasnya. (sga)