Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Wahid Wahyudi saat pemberangkatan mudik gratis,Kemarin.

SURABAYA – Sebanyak 400 motor yang mudik diberangkatkan dari depan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur dengan berbagai macam tujuan di wilayah Jawa Timur. Sedangkan orangnya diangkut naik bus. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Wahid Wahyudi usai pemberangkatan mudik gratis, Rabu (21/6).

Dengan diterapkannya model angkutan motor gratis seperti ini, Wahid Wahyudi  menjelaskan bisa meminimalisasi kemungkinan adanya kecelakaan di jalan raya akibat kendaraan bermotor.

“Adanya mudik seperti ini otomatis juga mengurangi beban kendaraan di jalan raya selama arus mudik lebaran kali ini,” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa daerah yang menjadi tujuan dalam mudik gratis diantaranya Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Blitar dan Madiun.

 

Baca juga : Terbesar se-Indonesia Program Mudik dan Balik Gratis Lebaran 2017 Jatim

 

“Kendaraan-kendaraan tersebut akan diturunkan di masing-masing wilayah sambil menunggu pemilik kendaraan mengambil kendaraan masing-masing,” ujarnya.

Wahid Wahyudi lebih lanjut mengtakan, mudik gratis yang dilakukan secara bersama juga bisa mempengaruhi faktor kelelahan pengemudi saat berada di jalan raya.

“Diharapkan dengan adanya mudik gratis ini bisa memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat yang mudik,” pungkasnya.(sga/ron)