BANYUWANGI – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto Iskandar, melakukan evaluasi di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terkait perkembangan arus balik pada H+8, Minggu (2/7) sekitar pukul 12.00 WIB tadi siang.

Pudji mengatakan, kedatanganya di Pelabuhan Ketapang ini dalam rangka evalusai terkait kesiapan dan keamanan yang berada di area pelabuhan dan sekitarnya. Selain itu, juga melakukan pemantauan areal penyeberangan yang berada tak jauh dari dermaga.

“Evalusai ini sangatlah penting di beberapa pelabuhan yang ada. Saya berharap keamanan di area penyeberangan betul-betul diperhatikan untuk keamanannya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan atas intruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Selain diminta untuk mengevaluasi, juga diminta untuk memantau langsung kondisi pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan para pemudik yang melakukan arus balik ke arah Pulau Dewata.

 

Baca Juga : Dirjen Perhubungan Darat Apresiasi Petugas Pelabuhan

 

“Selain kita melakukan pemantauan areal pelabuhan, kita juga diminta untuk melihat perkembangan arus balik dari arah Pulau Jawa yang bertujuan ke Pulau Dewata,” imbuhnya.

Pudji juga melakukan komunikasi langsung dengan pemudik asal Lumajang yang bekerja di Dinas PU yang berada di Denpasar. Pemudik ini mengucapkan banyak berterimakasih kepada Dinas tempatnya dia bekerja yang memberikan cuti libur panjang.

“Saat ini kondisi pelabuhan ramai lancar, kapal yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang 31 unit, kondisi ini menurun 9% dari tahun lalu yang beroprasi 34 unit. Namun trip ditambah menjadi 265 dan naik 8% yang tahun sebelumnya hanya 246,” tambahnya.

Untuk itu, Pudji berharap keamanan tetap terjamin dan mengimbau untuk para petugas yang berada di areal pelabuhan penyeberangan yang berada di Ketapang – Banyuwangi betul-betul siap siaga.

“Agar sesuatu yang tidak kita inginkan tidak terjadi dan tercipta keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa penyeberangan,” pungkasnya. (mam/ron)