BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni meresmikan Bondowoso Indah Plywood, perusahaan yang bergerak di bidang export plywood di Desa Pakauman, Kecamatan Grujugan Bondowoso. Selain peresmian, Bupati Amin Said Husni ditemani oleh Deputi Konstruksi Sarana, Prasarana dan Perhubungan Kementrian BUMN, Fajar Yudisiawan, juga melepas export plywood pertama ke Singapura dan Jakarta.

Dalam sambutannya, Bupati Amin mengatakan siap memberikan support dan dukungan untuk industri ini. Apalagi, kehadiran industri ini memberdayakan sumber daya manusia masyarakat lokal. Sehingga, kehadiran industri ini memberikan sumbangsih bagi masyarkat sekitar. Dia berharap ke depan dalam pengembangan perusahaan, seperti secondary procesassing, juga tetap mengutamakan sumberdaya masyarakat lokal.

“Dan saya juga mengapresiasi, berdasarkan laporan dari bapak Dirut tadi, bahwa 100 persen karyawan yang menjadi SDM di pabrik ini keseluruhannya adalah masyarakat Bondowoso,” ungkapnya.

Ia juga berharap kehadiran pabrik ini juga menjadi pemicu percepatan pertumbuhan ekonomi di Bondowoso. Karena memang industri selalu memberikan multiplier effect bagi pengembangan ekonomi di kawasan sekitarnya.

 

Baca Juga : Ayub Junaidi Serukan Bupati Faida Tegas Bubarkan Ormas Penentang NKRI dan Pancasila

 

Sementara itu, Deputi Konstruksi Sarana, Prasarana dan Perhubungan Kementrian BUMN, Fajar Yudisiawan,  mengatakan, kehadiran Bondowoso Indah Plywood ini bisa menjadi stimulus bagi investasi lain di Bondowoso, serta ekonomi di Bondowoso ini bisa turut berkembang.

Ia juga berpesan agar Bondowoao Indah Plywood juga bisa mengembangkan sayapnya ke secondary processasing.

“Karena hilirisasi ini value editnya kecil. Makanya harus maju kedepan,” jelasnya.

Ia mengatakan plywood ini didirkan di Bondowoso karena mendekati pasokan dari bahan baku yang nantinya 70 persen dari produk ini akan di export.

“Bagusnya lagi tenaga kerjanya semua dari lokal. Kemarin struggle ini 250, kalau kita expanding kita bisa 600 orang. Produksi sekarang ini baru 24ribu kibik/tahun, nanti expanding kita bisa ke 30ribu. Dan ini bisa menjadi pengembangan kedepan,” paparnya.

Bondowoso Indah Plywood merupakan anak perusahaan dari PT Indah Karya yang bergerak di bidang plywood. Industri ini berdiri di lahan seluas 32.600 m2 di desa Pekauman Kecamatan Grujugan.  Sejauh ini tenaga kerja yang direkrut merupakan tenaga kerja lokal, berjumlah 250 orang.(och)