Share

JEMBER – Ribuan calon jamaah haji di Kabupaten Jember mendapatkan penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember untuk persiapan selama menjalankan ibadah haji, bertempat di gedung Serba Guna Pemkab Jember di Jl Nusantara Kaliwates, Selasa (11/7) tadi pagi.

Kepala Dinkes Jember, Siti Nurul Qomariyah mengatakan bahwa calon jamaah yang hadir dibekali pengetahuan kesehatan selama menjalankan Ibadah Haji.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada calon jemaah terkait kesehatan mereka dan kita tetap melakukan pemantauan sampai keberangkatan agar mereka bisa berangkat dengan keadaan yang sehat jasmani dan rohani,” ujarnya.

Siti Nurul Qomariyah menambahkan, setiap kloter sudah disiapkan dokter dan diberikan data yang berisiko tinggi untuk dilakukan pemantauan.

“Jumlah jemaah haji di Kabupaten Jember sekitar 2.300 jemaah, dan setiap jemaah harus berhati-hati karena cuaca disana cukup panas dan kelembabapannya tinggi,” imbuhnya .

Siti Nurul Qomariah menghimbau kepada calon jemaah haji yang berangkat tahun ini untuk minum air putih minimal dua liter setiap hari karena untuk menghindari Hasstroke (stroke karena panas) yang cukup tinggi untuk semua jemaah haji yang berasal dari Indonesia. (mam)