BONDOWOSO – Dinas Kesehatan Bondowoso akan membuka kembali layanan posyandu. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

Hal tersebut pun telah disampaikan kepada Puskesmas di wilayah Bondowoso melalui video conference yang digelar hari ini, Kamis (28/5/2020).

Dr. Moh. Imron Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso mengaku, bahwa selama pandemi Covid-19, pelayanan Posyandu dilakukan dengan cara jemput bola oleh petugas kesehatan.

Adapun, pihaknya sendiri telah memperoleh imbauan dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi bagaimana menjalankan pelayanan kesehatan ibu dan anak saat Posyandu.

” Tetap dengan protokol kesehatan. Karena kita sudah memulai untuk menuju normal baru. Tentu ini pelan-pelan kita siapkan agar pelayanan ada recovery di bidang kesehatan secara memenuhi protokol kesehatan yang ada,” Ujar Imron.

Baca JugaHasil Rapid Test Empat Warga Bondowoso Kluster Gowa Reaktif

Tidak hanya itu, saat pelayanan Posyandu dibuka kedatangan ibu dan anak nanti akan diatur sesuai jadwal jam yang sudah ditentukan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan.

” Yang kedua kalaupun sempat menunggu itu pun kita buat jarak. Jadi physical distancing kita lakukan. Kemudian juga pemakaian masker. Dan kita siapkan tempat cuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer,” tambahnya.

Mengenai persiapan menghadapi new normal, Imron mengakui belum berkoordinasi secara menyeluruh. Yang pasti, semua OPD dan pelayanan publik harus siap menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat menuju new normal. Tujuannya agar masyarakat bisa meningkatkan kembali perekonomian dengan kembali bekerja sesuai dengan protokol kesehatan.

” Di bidang kesehatan tentu kita membuat konsep yang kita siapkan, ” pungkasnya.(och)