Share

BONDOWOSO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang Bondowoso melakukan uji coba kualitas AMP (Asphalt Mixing Plan) di desa Pejagan, Jambesari Darussolah, Kamis (3/5). Trial AMP ini dilakukan untuk mengukur standart kualitas AMP yang dinginkan oleh pemerintah daerah dalam kegiatan tahun 2018.

Kepala Dinas PUPR, Karna Suswandi juga menjabat sebagai Plt. Sekretaris Daerah itu mengungkapkan, bahwa dipilihnya jalan Pejagan-Tamanan tersebut karena dinilai mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga, dengan menjadi lokasi uji coba, maka juga bisa membantu pemerintah daerah, yang tanpa menggunakan anggaran tapi bisa memperbaiki jalan.

“Pejagan-Tamanan ini memang ada perbaikan APBD, karna APBD tidak menjangkau seluruh jalan yang rusak, maka kita tambahi dengan trial ini. Kita lakukan uji coba AMP yang akan ikut program APBD 2018 ini,”

Baca Juga : Ukur Standar Kualitas AMP, PUPR Lakukan Trial di Kejawan

Uji coba AMP tersebut dilakukan oleh PT, Sunan Muria Jember terhadap 300 meter jalan dan 100 meter di halaman kantor Brimob. Dari uji coba tersebut, pemerintah daerah bisa menghemat anggaran hingga Rp 600 juta.

“PT. Sunan Muria Jember nyumbang kepada kita 600 meter. 400 meter di jalan dan 100 meter di Kantor Brimob. Ini menghebat sekitar 600 juta,” papar Karna.

Karna Suswandi juga menambahkan, bahwa AMP 2018 lebih halus dibandingkan pada tahun sebelumnya. AMP 2018 kandungan aspalnya yakni tujuh persen, sementara tahun lalu 6 persen.

“Kandungan aspal yang kita inginkan tahun 2018 ini adalah tujuh persen, dengan harapan kualitas jalan ke depan akan semakin baik,” pungkasnya. (abr)