Share

SITUBONDO – Hujan deras disertai angin kencang melanda Desa Demung, Kecamatan Besuki, Situbondo, Selasa (11/1/2022). Akibatnya belasan rumah warga setempat mengalami kerusakan dengan katagori ringan hingga sedang.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. “Total ada di tiga dusun yang terdampak bencana alam itu. Yaitu, Dusun Watu Ketu, Demung Barat dan Ketah,” ucapnya.

Puriyono mengungkapkan, secara keseluruhan ada 15 rumah warga yang mengalami kerusakan. Dengan rincian, Dusun Watu Ketu ada 7 rumah, rusak ringan 4 dan rusak sedang 3, Dusun Demung ada 3 rumah, rusak ringan 2 dan rusak sedang 1 dan Dusun Ketah ada 5 rumah, 4 rusak ringan dan 1 rusak sedang.

“Alhamdulillah petugas gabungan dibantu oleh warga setempat dengan sigap langsung mengevakuasi barang-barang berharga milik para korban ke tempat yang aman,” bebernya.

Lebih lanjut, Puriyono menjelaskan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. “Mengetahui ada angin kencang yang melanda dusun mereka, para warga langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” pungkasnya.

Lebih jauh, Puriyono menyampaikan, peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materil sekitar Rp 21 juta lebih. “Itu berdasarkan assessment dari petugas kami di lokasi kejadian,” terangnya.

Puriyono meminta, masyarakat Situbondo untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam maupun sosial yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Karena hingga beberapa hari kedepan ini cuaca ekstrem masih terjadi di kabupaten kita. Jangan sampai ada korban jiwa maupun luka,” tutupnya. (Ozi).