Share

SITUBONDO – Pemerintah Desa Panji Kidul, Kecamatan Panji melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas Linmas di Balai Desa setempat, Selasa (4/6/2024).

Kepala Desa Panji Kidul, Budiono mengatakan, Linmas sebagai lembaga desa yang bertanggung jawab dalam hal keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) harus memiliki kemampuan dasar yang mumpuni.Karena keberadaan Linmas sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

Melihat perannya yang sangat besar, pihaknya meras memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kapasitas pasa Linmas. Untuk itu, seluruh Linmas di desanya mendapatkan pembekalan dan materi dalam acara peningkatan kapasitas ini.

“Aggota Linmas harus mampu menjunjung tinggi sikap patriotisme, disiplin dan tanggap dalam menjaga keamanan lingkungan. Untuk itu pelatihan peningkatan kapasitas Linmas perlu dilaksanakan sebagai penyegaran jiwa,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Panji AKP Nanang Priambodo menjelaskan, para anggota Linmas mempunyai tugas menjaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus melaksanakan penanggulangan dan penanganan, membantu aparat pemerintahan serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Baca Juga : Bupati Situbondo Terima Penghargaan JDIH Dari Gubernur Jawa Timur

“Kehadirannya di masyarakat dalam melaksanakan tugasnya akan terasa bila dilaksanakan dengan bersinergi bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ujarnya.

Lebih-lebih, saat ini telah memasuki tahapan Pilkada 2024. Karena itulah, dirinya berharap Linmas agar lebih aktif ikut mensukseskan dan menjaga ketertiban dan keamanan.

Tampak dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Bripka Busairi; Kapolsek Panji, AKP Nanang Priambodo,S.Sos; Kepala Desa Panji Kidul, Budiono; dan Sekdes Setempat H Zaini; serta Camat Panji Andi Jaka Setiawan.(Ipung)