Surabaya – Hanya 3 dari 38 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jawa Timur yang memiliki peralatan pemeriksaan modern seperti X-Ray dan metal detektor. Hal ini diungkapkan Humas Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jatim, Cahyo Sejati, tadi siang.

Menurutnya, tiga lapas itu adalah Lapas Klas I A Surabaya di Porong, Lapas Khusus Narkotika Pamekasan dan Rutan Klas I Surabaya di Medaeng.

“Kami sudah mengajukan lama agar semua lapas dan rutan di Jatim ada alat deteksi untuk pemeriksaan pengunjung,” katanya.

Menurut Cahyo, alat-alat modern pendeteksi pengunjung itu didroping dari Kemenkumham pusat. Satu paketnya terdiri dari alat Metal detektor, X-Ray, dan gas air mata. “Yang paling lengkap di Lapas Porong, baru didroping dari pusat kemarin,” ujarnya.

Cahyo menambahkan, alat pendeteksi dini untuk pemeriksaan pengunjung itu penting karena semua lapas di Jatim rawan dibobol oleh pengedar narkoba yang menyelundupkan barang ke lapas.

“Jawa Timur merupakan provinsi dengan lapas terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Tengah. Semua lapas rawan dengan para pelaku pengedar narkoba yang mencoba menyelundupkan barang,” pungkasnya. (ags)