Share

JEMBER – Untuk meningkatkan kapasitas Pemerintahan Desa tentang tata kelola keuangan desa, Kecamatan Balung mengadakan pelatihan sistem keuangan Desa atau dikenal dengan sebutan Siskeudes. Pelatihan tersebut diikuti seluruh Desa di wilayah Kecamatan Balung, Rabu (9/8).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di desa Curahlele tersebut juga dihadiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten Jember.

Menurut Ilzam Zawawi selaku Pendamping Ahli Kabupaten, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yg baik,harus menyamakan persepsi dan sinergitas antar semua elemen, masyarakat, pemdes, dan Pendamping.

“Pentingnya menyamakan sebuah persepsi guna untuk memperbaiki sebuah administrasi yang selama ini keadaan yang ada di desa khususnya kabupaten Jember masih banyak yang perlu ada perbaikan,” ujarnya ketika memberikan pemaparan di depan para peserta pelatihan.

Lanjut Ilzam, pelatihan keuangan desa ini sangat penting dilakukan. Mengingat dana desa sangat besar dan harus dipertanggung jawabkan secara akuntabel. Oleh sebab itu semoga kejadian yg menimpa di Madura dalam beberapa waktu lalu bisa dijadikan pelajaran dan tidak sampai terjadi di Jember.

 

Baca Juga : 18 Desa di Jember Belum Miliki Bumdes

 

Dia juga menerangkan tentang tupoksi PTPKD. Jabatan tersebut dikoordinatori oleh Sekdes, Bendahara, dan beberapa Kasi. Selain itu, dengan adannya PTPKD peran yang diambil sangatlah besar tentang pengelolaan keuangan dan mengatur semua administrasi yang ada di desa.

“Terrtibnya sebuah administrasi di desa, khususnya pengelolaan keuangan seorang PTPKD harus siap tanggap.”

“Maka dari itu, dalam kesempatan ini, saya berharap dengan adanya pelatihan ini, agar desa ke depan dapat melakukan sebuah perbaikan khususnya keuangan yang ada di desa agar lebih tertib dalam administrasinya,” pungkasnya. (mam)