BONDOWOSO – Tiga desa di Kecamatan Wringin berhasil memborong tiga piala juara pertama dalam Desa Award 2017. Tiga desa dimaksud di antaranya Desa Bukor yang berhasil menyabet Juara satu untuk ketagoeri BPD (Badan Pemusyawaratan Desa), dan juga ada Desa Banyuputih dalam kategori PKK. Satu lagi, yakni Desa Glingseran yang berhasil mengalahkan 208 desa lainnya dalam kategori BUMDes. Sementara untuk kategori Pemerintahan Juara 1 diraih oleh Desa Trebungan, Kecamatan Taman Krocok.

Asnawi Sabil, Sekertaris Dinas PMD (Pembedayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Bondowoso, menguraikan desa award ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan motivasi bagi desa-desa di Bondowoso dalam mengembangkan wilayahnya masing-masing. Selain itu, ini juga diharapkan bisa merangsang pemerintah desa agar memiliki inovasi dalam berbagai hal. Sehingga mampu menopang pembangunan dan pelayanan. Ujungnya, mampu meningkatkan kesejahteraan masayrakat.

“Desa Award tahun ini baru diupayakan empat bidang. Pertama pemerintahan, BPD, PKK dan keempat Bumdes. Ini masih awal, dan kami yakin ke depan akan kami perluas dan kami yakin bahwa kepala desa memiliki keinginan, inovasi dan kreatifitas. Semuanya ingin menghadirkan desa yang lebih maju dan lebih baik lagi,” jelasnya di hadapan ratusan Kepala Desa dan seluruh jajaran Fokopimda.

 

Baca Juga : Ratusan Tenaga Kerja Mandiri Dapat Batuan Sarana Usaha

 

Sementara itu, Bupati Amin Said Husni, menyampaikan Desa Award ini merupakan Idulnya atau hari rayanya kepala desa. Sehingga, tak heran jika Bupati dua periode tersebut mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh Dinas PMD Bondowoso.

Ia pun berharap agar Desa Award ini bisa menjadi penyemangat sekaligus sarana untuk memacu semua kepala desa agar lebih baik kedepannya.

Tak lupa, Ia berpesan agar setiap kepala desa mencermati setiap potensi yang ada di desa, termasuk mengelola potensi tersebut dengan kreatifitas. Sehingga memunculkan inovasi, yang akhirnya bisa memajukan dan mensejahterakan masyarakat di desanya masing-masing.

“Cermati setiap potensi yang ada di desa, kelola dengan baik, gunakan kecerdikan kita dan kreatifitas untuk melakukan inovasi-inovasi di desa sehingga kita bisa memajukan masyarakat di desanya masing-masing,” pungkasnya. (och)

 

Adapun desa-desa Juara dalam empat kategori di antaranya sebagai berikut :

1. Kategori Pemerintahan

  • Juara I   : Desa Trebungan, Kecamatan Taman Krocok
  • Juara II  : Desa Suling Kulon, Kecamatan Cerme
  • Juara III : Desa Pelalangan, Kecamatan Wonosari

2. Kategori BPD (Badan Pemusyaratan Desa)

  • Juara I   : Desa Bukor, Kecamatan Wringin
  • Juara II  : Desa Nogosari, Kecamatan Sukosari
  • Juara III : Desa Kalitapen, Kecamatan Tapen

3. Kategori Bumdes (Badan Usaha Milik Desa)

  • Juara I   : Desa Glingseran, Kecamatan Wringin
  • Juara II  : Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami
  • Juara III : Desa Karang Melok, Kecamatan Tamanan

4. Kategori PKK ( Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

  • Juara I   : Desa Banyuputih, Kecamatan Wringin
  • Juara II  : Desa Karang Anyar, Kecamatan Tegalampel
  • Juara III : Desa Sukosari Lor, Kecamatan Sukosari