Share

PROBOLINGGO – Dalam rangka memperingati HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo punya cara tersendiri untuk menggelar upacara bendera.

Pengibaran bendera merah putih tersebut, oleh Polres Probolinggo dilakukan di tengah danau Ranu Agung yang terletak di Desa Ranu Agung Kecamatan Tiris.

Upacara pengibaran bendera yang lain dari biasanya ini dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

“Selain jajaran Polres Probolinggo, upacara tersebut juga diikuti oleh Forkopimka Tiris, perwakilan lembaga pendidikan, pondok pesantren, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Tiris dan sekitarnya,” kata Kapolres Arman, kemarin.

Meski dilaksanakan di permukaan air, kata AKBP Arman, upacara tersebut tetap berlangsung tertib dan khidmat.

“Tak hanya penancapan dan pengibaran bendera, prosesi upacara resmi tetap dilalui seperti pembacaan teks Pancasila oleh saya sendiri,” jelasnya.

Sementara teks Proklamasi, dari pantauan awak media, dibacakan oleh Camat Tiris Roby Siswanto dan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Danramil Tiris Kapten Inf. Sadjati K.

 

Baca Juga : RKUPA PPAS PAPBD 2017, Pemkab Probolinggo Ditandatangani

 

“Semangat kepahlawanan dan nasionalisme sangat terasa ketika bendera mulai dikibarkan. Seluruh peserta upacara tanpa dikomando dengan penuh semangat ikut menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya,” bebernya.

Terlebih lagi, ketika Kapolres AKBP Arman Asmara Syarifuddin meneriakkan pekik Merdeka yang secara spontan diikuti oleh seluruh hadirin.

Usai upacara Kapolres Arman menjelaskan bahwa acara pagi itu merupakan salah satu upaya untuk menggugah semangat kepahlawanan dan nasionalisme.

“Upacara ini juga untuk semakin mengokohkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat demi keutuhan NKRI yang kita cintai,” ujarnya.

Selain upacara, di tempat yang sama dilakukan penebaran mikroba bioactive oleh Kapolres dan Forkopimka Tiris. Mikroba bioactive ini berfungsi sebagai pengurai senyawa organik dan non organik menjadi senyawa hayati yang bermanfaat untuk memperkaya unsur hara di tanah.

Untuk mendukung kelancaran jalannya kegiatan hari itu, Polres Probolinggo bekerjasama dengan Muspika Tiris menggandeng salah satu operator petualangan alam terbuka dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Segaran Agung Desa Ranu Agung. (ufa)