BONDOWOSO – Sebanyak 15 orang personil Polres Bondowoso bakal melakukan donor plasma konvalesen di RSUD Dr. Soebandi, Jember. Belasan anggota Polri itu merupakan pasien positif Covid-19 yang telah sembuh.

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, menerangkan, kini mereka sedang mengikuti screening kelayakan darah plasma.

“Itu diperiksa tensi, pemeriksaan dalam, assessment dokter juga,” jelasnya, Kamis (21/1/2020).

 

Baca Juga : Penataan Pasar Dinilai Keliru, Komisi II Minta Diskoperindag Pastikan Ada Tempat

 

Para pendonor yang terdiri dari satu perwira dan 14 Bintara itu, lanjut Erick, masih menunggu giliran dan hasil screening. Karena, dalam sehari saja baru ada sekitar tiga orang yang selesai lakukan proses awal.

“Jadi hasilnya masih menunggu. Kalau bisa semua Alhamdulillah, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi pasien yang lain,” jelasnya.

Ia mengaku bahwa pihaknya berinisiasi untuk melakukan donor ini dengan harapan bisa menjadi motivasi bagi pasien positif yang telah sembuh untuk membantu yang lain.

“Ini membantu kemanusiaan, agar yang lain bisa meniru,” urainya.

Informasi dihimpun, Plasma konvalesen merupakam plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona. (abr)