Share

BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso akan mendapatkan jatah tambahan keluarga penerima manfaat PKH di tahun 2018. Untuk itu, Dinas Sosial mulai melakukan validasi terhadap 15 ribu calon keluarga penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan).

Validasi ini dilakukan untuk menentukan kemungkinan keluarga tersebut telah memenuhi komponen sebagai penerima bantuan ini. Validasi sendiri dilaksanakan hingga 20 November 2017.

“Untuk tambahan (Keluarga Penerima Manfaat) teman-temen yang validasi itu 15 ribu sekian. Biasanya itu setelah validasi yang realiable itu kadang 70 persen, kadang 75 persen, temen-temen masih validasi,” demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Amir Hidayat  di dampingi Kabid Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat Dinsos Bondowoso, Anisatul Hamida  usai acara Penyaluran Bantuan Non Tunai PKH di Ponpes Nurut Taqwa, Jum’at (17/11).

Lebih jauh Ia menyampaikan, setiap KPM yang hendak menerima PKH harus punya komponen. Di antaranya, memiliki anak balita dan atau anak yang masih duduk di bangku TK hingga SMA. Komponen lainnya yakni di dalam keluarga tersebut terdapat ibu hamil, lansia atau penyandang disabilitas.

 

Baca Juga : Khofifah Bagikan Bantuan PKH ke 500 Keluarga di Bondowoso

 

“Validasinya dilakukan sekarang tapi terapannya tahun 2018. Bisa jadi 2018 nanti akan ada tambahan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, tambahan calon KPM ini merupakan salah satu upaya untuk menuju 10 juta KPM di seluruh Indonesia.

“Jadi bukan kemudian minta sekian, itu tidak, jadi biasanya dari pusat kuota dari Bondowoso ditambah sekian. Itu datanya sudah dari TNP2K,” jelasnya.

Di Bondowoso jumlah keluarga penerima PKH tahun 2017 mencapai 38.982 keluarga, dengan jumlah nominal bantuan mencapai sekitar Rp 73,7 milliar. Setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan senilai Rp 1.890.000/tahun.

Jika di dalam keluarga tersebut terdapat penyandang disabilitas serta ada anggota keluarga usia lanjut maka akan mendapat tambahan senilai Rp 110.000. Bantuan sendiri langsung dikirim melalui rekening penerima melalui empat tahap.

Untuk Informasi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberi bantuan sosial non-tunai  Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 500-an keluarga dari Kecamatan Cermee, Bondowoso. Penyerahan dilakukan di Ponpes Nurut Taqwa, Kecamatan Cerme, Bondowoso, Jum’at (17/1). Mensos ditemani Wakil Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat prosesi penyerahan tersebut. (och)