BONDOWOSO – Umumnya pembinaan wawasan kebangsaan diselenggarakan di ruangan dalam bentuk sosialisasi. Namun, Kodim 0822 Bondowoso mencoba memberikan wawasan kebangsaan yang berbeda, yakni dengan membagikan cover becak berwarna senada dengan warna baret TNI, bertuliskan “NKRI HARGA MATI”. Pembagian dilakukan kepada 1.200 tukang becak yang turut serta dalam Pawai kebangsaan dan bela negara, Jum’at (18/8) di depan Kodim 0822 Bondowoso.

Menurut Komandan Kodim 0822 Letkol Tarmuji, tukang becak juga memiliki kewajiban untuk mendukung upaya menjaga keamanan.

“Bahwa mereka adalah warga negara yang juga memiliki hak dan kewajiban untuk bela negara. Sehingga apa pun yang terjadi di negara ini mereka juga punya kewajiban untuk mendukung upaya keamanan di wilayah ini,” ujarnya.

Ia menyampaikan pengendera becak merupakan partner dari TNI dan Polri dalam menjaga keamanan wilayh Bondowoso. Terlebih, keberadaan pengendara becak yang hampir ada di setiap sudut wilayah Bondowoso.

“Mereka menjadi partner aparat keamanan, sehingga apabila apa-apa di wilayah kami mereka bisa langsung melaporkan ke kami.”

“Mereka ini kan potensi yang luar biasa untuk menjaga kemanan di wilayah ini,” tambahnya.

Untuk informasi, Kodim 0822 Bondowoso menyelenggarakan pawai wawasan kebangsaan dan bela negara dalam rangka HUT RI-72. Ribuan pengendara becak, dan paguyuban sepeda kuno turut ramaikan pawai yang dimulai sekitar pukul 13.30 di depan Kodim 0822 Bondowoso. (och)