BONDOWOSO– Penyerahan SK dan pengambilan sumpah jabatan, dalam acara pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional guru di lingkungan Pemkab Bondowoso, dilaksanakan berbeda dari biasanya. Di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaannya dilakukan secara virtual, melalui video conference di Pendopo Bupati, Jum’at (17/4/2020).

Dari 101 tenaga pendidik yang diambil sumpahnya ini, hanya dua orang perwakilan yang hadir. Sementara yang lainnya menyaksikan secara online di tempat tinggalnya masing-masing.

Bupati Salwa Arifin, dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan yang berbeda dilakukan dengan menyesuaikan pada protab pencegahan Covid-19.

“Ini disesuaikan dengan protab pencegahan Covid-19,”katanya.

Menurutnya, rotasi, mutasi, maupun promosi jabatan merupakan bagian dari dinamisasi proses penyegaran, dan penyesuauan kebutuhan personil dalam organisasi birokrasi. Karenanya, pelantikan ini hendaknya ditanggapi secara wajar dan biasa.

“Karena jabatan bukaah hak, melainkan merupakan amanah yang berisi serangkain tugas dan tanggung jawab,”urainya.

 

Baca Juga : Polres Bondowoso Tangkap Pencuri Kayu KRPH Tanah Wulan

 

Ia pun berpesan agar guru-guru yang telah dilantik ini hendaknya segera menuntaskan pekerjaan dan tugas di tempat yang lama. Tentu, perlu juga untuk mempelajari seluruh aturan yang merupakan dasar pelaksanaan tugas.

“Agar bisa mempermudah pelaksanaan tugas,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Harimas,menerangkan, bahwa pelantikan ini untuk memberikan kepastian bagi seoranh PNS yang hanya disebut guru. Karena selama ini, mereka secara de jure mereka belum mendapatkan surat keputusan jabatan fungsional guru.

Kalau seperti sudah sah ini, dapat tunjanga fungsionak guru ada,”ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa mereka yang l dilantik ini dipastikan telah memenuhi syarat kompetensi.

Pelantikan secara virtual ini pun turut disaksikan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir, Sekretaris Daerah Syaifullah, Asisten 1 Pemkab Bondowoso Agung Tri Handono, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Wawan Setiawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Harimas, serta Ketua PGRI Kabupaten Bondowoso Bambang.(och)