Share

BONDOWOSO – Satreskrim Polres Bondowoso mengamankan dua orang terduga pelaku pencurian kotak amal di masjid dalam sehari, Sabtu (30/7/2022) kemarin..

Pencurian pertama terjadi di Masjid Nurul Yaqin Desa/Kecamatan Tegalampel, sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurut Kapolsek Tegalampel, AKP Tulus Suseno, terduga pelaku yang diamankan berinisial ER (33) yang merupakan warga Desa Curah Jeru RT 05 Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Aksi pelaku ini diketahui oleh salah ssatu anggota remaja masjid (Remas) saat mengontrol monitoring CCTV di Masjid Nurul Yaqin, melihat seorang laki-laki yang tidak dikenal sedang mengambil uang di dalam kotak amal.

“Mengetahui ini, anggota Remas itu meminta bantuan warga memegang dan mengamankan pelaku yang diduga mengambil uang kotak amal Masjid, “ucap Kapolsek.

Selanjutnya, pelaku dibawa ke Balai Desa setempat, berikut barang bukti berupa uang diduga hasil curian sekitar Rp 544 ribu.

“Ada juga alat bukti berupa alat pencepit yang terbuat dari korek bekas, dan dua batang lidi, kendaraan dan handphone terduga pelaku, “ujarnya.

Baca Juga : Tarik Wisatawan, Pemkab Situbondo Gelar Mabar 2 Bung Karna

Sementara itu, di lokasi berbeda Unit Reskrim Polres Bondowoso juga menangkap seorang terduga pencurian di Masjid Baitul Makmur yang berada di Dusun Krajan Baru, Desa Gunung Anyar Kecamatan Tapen.

Pada pencurian ini, kepolisian menangkap seorang terduga berinsial RB (52) warga Desa Jetis, Kecamatan Curahdami.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Agus Purnomo, pelaku yang ditangkap pada sekitar pukul 03.00 dini hari ini. Tak hanya, diduga mencuri uang tunai di kotak amal sekitar Rp 4 juta. Melainkan juga, diduga mencuri satu buah genset di Masjid.

Pelaku mencuri dengan cara mencongkel jendela masjid.

“Atas perbuatannya, pelaku disangkakan dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e, 5e KUH Pidana,” pungkasnya.(Och)