Share

SURABAYA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya memutuskan akan mengusulkan Tri Rismaharini sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim lewat PDIP di Pemilihan Gubenur (PilGub) Jawa Timur 2018. Direncanakan akan mengambil formulir pendaftarannya pekan ini. Hal ini diungkapkan Sekretaris DPC PDIP Surabaya, H Syaifudin Zuhri S.sos.

Syaifudin menegaskan bahwa Risma (sapaan akrabnya, red) adalah kader terbaik PDIP di Kota Surabaya yang layak diusulkan sebagai cagub ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur.

“Selama dua periode kepemimpinannya menjadi wali kota di Surabaya, kinerja Bu Risma tidak diragukan lagi,” ujarnya.

Dengan pertimbangan prestasi gemilang yang diraih Risma ini, dia mengaku sangat yakin jika DPP PDIP pasti akan menjatuhkan rekomendasinya kepada wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan tersebut.

“Apalagi, hasil survei menjelang Pilkada Jatim 2018, termasuk tinggi dan selisihnya tidak jauh dari Bakal Cagub Jatim petahana Syaifullah Yusuf (Gus Ipul),” kata pria yang juga ketua Komisi C DPRD Surabaya ini.

Meski Risma dalam berbagai kesempatan menyatakan akan tetap fokus pada kerjanya sebagai Wali Kota Surabaya alias tidak ingin menjadi Cagub, kata Syaifudin, DPC PDIP Surabaya akan tetap mendaftarkan Risma.

“Bu Risma tidak punya hak menolak atau mengiyakan. Partai punya pertimbangan lain, baik dari hasil survei maupun kajian tertentu sebagai penentu memberikan rekomendasi,” tegasnya.

 

Baca Juga : Guyub Rukun dan Damai Suasana Nobar Final UCL Bareng Gus Ipul

 

Sekedar diketahui, DPD PDIP Jawa Timur sesuai SK Nomor 04/2015 dan instruksi DPP PDIP Nomor 027/2017, telah memerintahkan DPD dan DPC untuk segera membuka pendaftaran calon Kepala Daerah secara terbuka setahun sebelum Pilkada serentak 2018 digelar. Pendaftaran telah dibuka sejak 1 Juni lalu. Di Pilgub Jatim, bakal calon Kepala Daerah yang berminat mendaftar di PDIP, akan dikenai biaya pendaftaran Rp 100 juta. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 hingga 14 Juni. Sementara untuk pengembalian formulir, dimulai tanggal 15 hingga 30 Juni.

Selain membuka pintu pendaftaran untuk umum, berdasarkan hasil rapat kerja daerah (Rakerda) yang digelar DPD PDIP Jawa Timur, seluruh DPC se-Jatim diminta mengusulkan dua kader potensialnya (Cagub dan Cawagub) untuk mengikuti penjaringan calon. Dan paling lambat, ke 38 DPC PDIP se Jawa Timur ini, sudah harus merekomendasikan dua nama bakal calon yang diusulkannya tanggal 10 Juni. Jika seluruh DPC ini mendaftar, maka akan ada 76 (38 pasang) calon internal partai yang akan mengikuti penjaringan Cagub dan Cawagub di Pilgub Jawa Timur 2018, plus calon yang diusulkan oleh DPD. (sga)