Share

BONDOWOSO – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Bondowoso kini disulap menjadi Samsat Tangguh. Tujuannya, tak lain untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten setempat.

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz saat peresmian Samsat Tangguh, Rabu (17/6/2020),, mengatakan, diberlakukanya Samsat tangguh agar pelayanan tetap berjalan. Namun protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

Terlebih, Samsat memberikan pelayanan secara langsung pada banyak orang.

“Konsep Samsat tangguh ini mengacu pada kantor tangguh, yang merupakan pengembangan dari Kampung tangguh. Ini diinisiasi okeh Forpimda provinsi,”tuturnya didampingi oleh Kasatlantas Polres Bondowoso, AKP Harianto.

 

Baca Juga : Darul Falah Jadi Ponpes Tangguh Semeru di Bondowoso

 

Menurutnya, seluruh petugas di Samsat telah diberi pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan Covid-19. Selain itu, sejumlah alat penunjang protokol kesehatan pun telah disiapkan.

Seperti, hand sanitizer, tempat cuci tangan, bilik sterilisasi, hingga ruang tunggu yang memperhatikan physical distancing.

Ditanya perihal pembatasan jam kerja atau pun jumlah pemohon, kata Erick, sejauh masih belum ada pembatasan. Karena jumlah pemohon di Bondowoso dinilai tak banyak.

“Sehingga sampai saat ini masih bisa berjalan dengan baik. Dan tercover untuk jumlah maupun tempat duduk yang tersedia,”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Erick bersama seluruh jajaran pejabat utama Polres mengecheck pula penerapan Satpas Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) tangguh yang juga menerapkan protokol kesehatan.(och)