BONDOWOSO – Pemkab Bondowoso mulai memperketat pengamanan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Akses masuk seperti teminal dan jalur masuk Bondowoso mulai disediakan posko observasi. Hal itu untuk memastikan orang sepulang dari zona merah tidak membawa masuk wabah Covid-19.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz mengungkapkan bahwa Bondowoso saat ini berstatus oranye. Artinya masyarakat Kabupaten Bondowoso hingga saat ini tidak ada yang positif virus Corona. Namun, Kabupaten lain, utamanya Kabupaten tetangga seperti Jember, Banyuwangi dan Situbondo telah masuk zona merah darurat Corona.

“Bisa diambil kesimpualan virus itu besrasal dari luar. Maka kita cegah kemasukan virus. Kita sudah membuat tenda di terminal,” jelas AKBP Erick dalam rapat koordinasi da evaluasi penanganan Covid-19 di Mapolres Bondowoso, Senin (30/3/2020).

AKBP Erick menjelaskan, setiap orang yang tiba di Bondowoso melalui terminal akan diobservasi sebelum pulang ke rumah masing-masing. Jika hasil pemeriksaan ditemui gejala-gejala yang mengarah terjangkit corona, maka akan di diamankan ke ruangan khusus yang telah disediakan.

 

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Covid-19

 

“Jangan sampai orang datang langsung kontak dengan tetangga maupun kerabat. Kita filter orang asing yang masuk Bondowoso,” jelasnya.

Adapun akses masuk Bondowoso yang akan disediakan pos pantau corona atau posko observasi. Untuk dari arah jember akan disediakan posko di Kecamatan Maesan dan Tamanan. Jalur utara akan disediakan di Kecamatan Prajekan, jalur Besuki di Kecamatan Wingin dan dari arah Banyuwangi disediakan di Kecamatan Ijen.

Sementara Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir mendukung langkah penanganan tersebut. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa ada warga Bondowoso yang bekerja di luar kota dan pulang pergi setiap hari. Salah-satunya para pekerja pabrik udang Situbondo. Ahmad Dhafir menyarankan agar para pekerja tersebut hendaknya diperiksa secara berkala saat sepulang kerja.

“Ketika pulang hendaknya dicek kesehatannya,” pungkasnya.

Untuk informasi, peta penyebaran Covid-19 Kabupaten Bondowoso per 30 Maret 2020 tidak ada yang Positif Corona. Untuk ODP berjumlah 266 orang dan PDP 1 orang. (abr)