Share

BONDOWOSO – Paham radikal saat ini dikhawatirkan menyusup ke tengah-tengah masyarakat maupun lembaga pendidikan. Butuh tindakan yang jelas serta upaya antisipasi yang pasti untuk melindungi keutuhan NKRI dan generasi bangsa. Melihat hal ini, Bakesbangpol Kabupaten Bondowoso sedang menyiapkan program Ikatan Kelompok Remaja Kebangsaan (Ikan Keramba).

Kepala Dinas Bakesbangpol Bondowoso, Prajitno, mengatakan realisasi dari program Ikan Keramba yakni dengan mengajak pemuda pemudi di Bondowoso, khususnya yang berusia di bawah 40 tahun, untuk dibekali tentang NKRI. Di antaranya melalui pemahaman dan penguatan empat pilar, yakni Undang-undang, NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, termasuk juga wawasan kebangsaan secara utuh.

Program Ikan Keramba yang akan dilaunching pada Agustus 2017 depan ini, kata Prajitno, rencananya akan direalisasikan di seluruh kecamatan dan desa di Bondowoso. “Nanti melihat bagaimana semangat dari teman-teman di kecamatn dan Desa. Semuanya kan diawali di Kecamatan dulu, baru kita lihat ke Desa,” katanya kepada Memo Indonesia.

Sejauh ini persiapannya sudah sampai di tahap pembuatan SK, baik yang berkaitan dengan pendidikan maupun keagamaan. “Dalam pembuatan SK nya ini kan saya juga harus mempelajari dulu, jelasnya SK ini nanti bisa digunakan di lembaga pendidikan maupun lembaga keagamaan,” tambahnya.

Selain itu, Bakesbangpol juga sedang menjajaki komunikasi dengan sejumlah instansi terkait, seperti Diknas, untuk realisasi program ini. (och/esb)