BONDOWOSO – Camat Jambesari DS, Muhammad Taufan, optimistis relawan Covid-19 yang akan dibentuk oleh masing-masing Desa bakal memberikan pengaruh signifikan terhadap penanggulangan Virus Corona di wilayah tugasnya.

M. Taufan menjelaskan, disamping akan melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (Hand sanitizer) di tempat umum, relawan Covid-19 akan melakukan edukasi melalui sosialisasi menjelaskan seputar informasi terkait dengan Covid-19, baik gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahannya.

“Desa megambil langkah antisipasi seperti peyemprotan disinfektan dan menerbitkan sosialisasi Pencegahan Covid 19,” jelasnya, Jumat (3/4/2020).

 

Baca Juga : Sekda Syaifullah Minta Desa Perketat Pengawasan ODP

 

Selain itu, Taufan menegaskan jika relawan akan melakukan deteksi dini penyebaran COVID-19 dengan memantau pergerakan masyarakat melalui pencatatan tamu yang masuk ke desa, pencatatan keluar masuknya warga desa setempat ke daerah lain, utamanya warga Desa yang baru saja pulang dari perantauan.

“Ketika ada warga yang datang dari laur kota apalagi zona merah untuk itu Desa lebih megontrol warganya dengan inten dan segera melaporkan kepada Puskesmas untuk dilakukan Pemeriksaan,” katanya.

Sementara Pendamping Desa kecamatan Jambesari, M Sugianto Z, berharap relawan Covid-19 di Kecamatan Jambesari bekerja secara maksimal. Diantaranya dalam memantau dengan tepat terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam proses isolasi di rumah dan memastikan tidak ada kegiatan warga yang dilakukan secara massal.

“Kami dari tim PD, PDTI, PLD, Mendukung langkah tersebut serta untuk secepatnya Tim Gugus Tugas Desa segera rampung,” tutupnya.

Berdasarkan peta persebaran Covid-19 per 3 April 2020, di Kecamatan Jambesari DS terdapat 31 orang ODP. Untuk PDP 0 dan Positif 0. (abr)