Share

BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni menyerahkan dokumen rancanagan teknokratik RPJMD ( Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Bondowoso tahun 2019-2023 kepada pemimpin berikutnya, yakni Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rahmat, di Pendopo Bupati, Rabu (15/8).

Dokumen rancangan teknokratik ini berisi tiga hal, diantaranya, kondisi umum kabupaten penghasil kopi ini. Kemudian, gambaran tentang pengelolaan keuangan serta isu-isu strategis kabupaten Bondowoso.

“Rancangan ini semacam naskah akademik yang diperluas,”urainya.

Menurutnya, rancangan ini juga untuk memastikan adanya keberlanjutan, keberlangsungan dan kesinambungan pembangunan yang dilaksanakan. Karena, Bupati boleh berganti, tapi pembangunan harus ada suistainbility. Sehingga, RPJPD Pemkab Bondowoso, itu tetap bisa tetap dicapai sesuai dengan yang telah ditetapkan bersama dalam bentuk peraturan daerah.

Isu-isu yang senantiasa mengemuka pada saat pergantian kepemimpinan adalah terjadinya krisis masa transisi. Mudah-mudahan ini tidak terjadi dengan adanya rancangan teknokratik RPJMD. Sehingga, capaian-capaian yang diperoleh selama ini menjadi titik tolak di bawah kepemimpinan yang baru.

“Kita bersyukur alhamdulillah, berkat dukungan seluruh masyarakat Bondowoao serta kekompakan kita, berbagai capaian-capaian baik dalam upaya menurunkan angka kemiskinan, mengangkat potensi ungggulan, dan mendorong gairah ekonomi lokal. Alhamdulillah ini bisa di dorong dengan baik,”tindihnya.

Sementara itu, Salwa Arifin, Bupati terpilih periode 2018-2023, usai menerima dokumen tersebut, mengatakan, ini merupakan tahap awal dalam rangka menyusun RPJMD untuk Bondowoso. Tentunya, kedepan akan disempurnakan untuk menjadi Raperda.

“Ketika kami menerima rancangan ini, kami merasa ngeri, terlalu tebal ini bukunya. Mudah-mudahan kami diberi kemampuan untuk melaksanakan isi RPJMD ini,”tambahnya di hadapan seluruh Kepala OPD dan pimpinan Forpimda.

Ia menerangkan bahwa pihaknya sejak awal mendaftarkan diri sebagai pasngan Bupati dan dan Wakil bupati telah bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bodowoso. Oleh karena itu, mungkin RPJMD ini mungkin akan berisi sebagian visi misi yang telah pihaknya tetapkan.

“Visi Bondowoso mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, adil dan bertamabat dalam bingkai akhlakul karimah”tutupnya (och)