BONDOWOSO – Bupati Salwa Arifin meninjau pasar tradisional Nangkaan dan salah satu pasar modern, Kamis (11/6/2020).

Tinjauan yang dilakukan bersama Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat itu, untuk memastikan bahwa pasar tradisional dan supermarket telah memberlakukan protokol kesehatan dalam era tatanan hidup baru (new normal).

Bupati Salwa mengatakan, di era new normal ini penting untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, serta memastikan sejumlah fasilitas seperti tempat cuci tangan sudah tersedia.

“Pertama dalam rangka untuk mensosialisasikan era new normal. Dengan ketentuan memberlakulan protokol kesehatan,”katanya.

Ia menerangkan, beberapa waktu lalu telah mengeluarkan surat edaran terkait jam operasional toko yang kembali seperti sediakala. Yakni buka toko dari jam 08.00 dan tutup jam 21.00,

“Sudah kan, sudah surat edaran,”ungkapnya.

Adapun hasil pantauan ke pasar itu, menurut Bupati Salwa menunjukkan kesiapan pasar tradisional dan modern dalam menerapkan protokol kesehatan di era new normal.

 

Baca Juga : Bondowoso Terapkan New Normal, Bupati Salwa Tinjau OPD

 

Untuk informasi, sejak Rabu (10/6/2020) Bupati Salwa Arifin dan Wabup Irwan Bachtiar Rahmat meninjau kesiapan pelaksanaan era new normal. Dimulai dari kesiapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pelayanannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Yakni, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenaga Kerjaan, serta Dinas Kependudukan, dan Catatan Sipil.

Dalam kesempatan tinjauan ke OPD kemarin (10/6/2020), Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, mengatakan, Bondowoso masih masuk zona aman dengan Reproductive Number (RO) di bawah satu. Artinya, reproduksi terhadap virus corona di bawah satu, dengan penularan yang tak terlalu masif.

Karena kondisi itulah, penerapan new normal dilakukan. Tentu, segala kesiapan dilakukan mengingat realisasinya akan dilakukan hingga vaksin virus corona ditemukan.

“Bukan hanya sekarang, tapi ini berkelanjutan selama vaksin terhadap Covid-19 belum ditemukan.
Dan ini kita melakukan evaluasi terhadap kantor-kantor yang sifatnya pelayanan langsung terhadap masyarakat,”pungkasnya.(och)