Share

BONDOWOSO – Bupati Salawa Arifin membuka secara simbolis pelaksanaan bulan imunisasi, di Pendopo Kecamatan Tenggarang, Jum’at (5/8/2022).

Pembukaannya ditandai dengan pelepasan balon ke udara bersama Ketua Ibu PKK Kabupaten, Kepala Dinas Kesehatan, serta Camat Tenggarang.

Bupati Salwa mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 capaian imunisasi memang sempat mengalami penurunan drastis. Baik itu imunisasi sasar ataupun rutin.

Dampaknya, dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah ksus PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi). Seperti, campak, rubela, dan difteri di beberapa wilayah.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar kesempatan ini digunakan dengan maksimal.

“Sudah kita intruksikan ke kecamatan, mulai hari ini (kemarin, red) secara serentak melakukan imunisasi,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, M. Imron, dikonfirmasi di lokasi yang sama menjabarkan, terdapat kurang lebih 42 ribu anak di Bondowoso, yang harus mendapatkan imunisasi pada bulan ini.

Baca Juga : Lantik LSN di Bondowoso, Gus Fawait Tegaskan Bukan Karena Mendekati Pemilu Tapi untuk Syiar

Untuk mencapai target tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyiapkan 2 ribu lebih posyandu. Termasuk, seluruh puskesmas, posyandu rutin, hingga akan jemput bola ke rumah-rumah untuk memberikan pelayanan imunisasi kepada anak-anak. Khususnya, mereka yang berusia 6-69 bulan dan tak mengalami kontra indikasi.

“Kita lakukan mulai tanggal satu sampai empat kemarin, sudah ada tiga ribuan anak yang di imunisasi,” katanya.

Ia memastikan, kesiapan logistik vaksinnya juga sudah disiapkan, sesuai dengan pengajuan yang disampaikan kepada kementrian kesehatan.

Pada acara pencanangan bulan Imuniasi ini, sejumlah anak tampak mengikuti proses imunisasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.(Och)