Lumajang – Banyak tugas yang harus diemban oleh para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Guru berkewajiban mendidik anak didik agar menjadi anak didik berkarakter guna menyiapkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag. Menurutnya, guru PAUD sangatlah penting perannya. Salah satunya untuk membentuk generasi muda kedepan menjadi generasi yang baik dan bermanfaat.

“Guru PAUD harus bisa lebih meningkatkan tugasnya agar muridnya nanti siap untuk melanjutkan ke skolah dasar,” kata Bupati saat memberi sambutan dalam acara pembukaan Workshop Peningkatan Strategi Pembelajaran dan Kurikulum Bagi Guru PAUD Tahun 2017 di Aula Dinas Pendidikan Lumajang, Kamis (20/4).

Bupati juga berpesan kepada guru PAUD harus lebih meningkatkan komunikasi dan tali silahturahmi antar guru lainnya agar bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan antara guru satu dengan guru yang lainnya.

Di kesempatan yang sama, Pembina Forum PAUD Lumajang Hj. Tutuk Fajriyah As’at Menambahkan, para guru ini merupakan figur dan suri tauladan bagi para peserta didik. Untuk itu guru PAUD dituntut untuk bersikap yang ramah.

“Bunda PAUD harus tersenyum dan gembira ketika menghadapi masalah yang ada,” ujarnya.

Secara terpisah Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Drs. Agus Salim menyampaikan, tujuan digelarnya workshop yang diikuti oleh sekitar 400 guru Paud ini, untuk meningkatkan kualitas dari para guru.

“Kami berharap melalui workshop ini para guru semakin banyak inovasi untuk kemajuan sekolah yang dipimpinnya,” tegasnya.(cho/*)