Share

SITUBONDO – Sebanyak empat sekolah di Kabupaten Situbondo memperoleh penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tahun 2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Karna Suswandi, bersama Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani, dan Sekdakab Wawan Setiawan, di Pendopo Aryo, Selasa (13/12/2022).

Adapun empat sekolah yang memperoleh penghargaan sekaligus uang pembinaan di antaranya, yakni SMP Negeri 2 Asembagus yang berhasil menjadi juara tingkat nasional.

Kemudian, ada tiga sekolah lain yang memperoleh penghargaan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten secara berurutan dari juara I hingga III, dan juara favorit. Yaitu, SD Negeri 2 Talkandang, SMP Negeri 2 Arjasa, SMP Negeri 1 Kendit, serta Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Situbondo.

Bupati Karna Suswandi, mengatakan, selamat atas raihan tersebut. Diharapkan ke depan prestasi ini menjadi motivasi untuk lebih baik.

Terlebih, para juara ini akan mewakili Situbondo untuk lomba serupa di tingkat provinsi.

“Selamat atas capaian ini. Dan siap-siap untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi dan nasional,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa sekolah adiwiyata ini diharapkan memiliki lebih banyak kepedulian terhadap lingkungan.

Karena itulah, agar ke depan bisa juga diimplementasikan di sekolah lainnya. Diharapkan, seluruh unsur OPD bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan itu.

Baca Juga : Pengurus Basnaz Dilantik, Ini Komitmen Ketua Basnaz Ahmadi

Seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenag Situbondo, dan OPD lainnya.

“Ini perlu kolaborasi seluruh OPD dalam rangka mewujudkan apa yang kita inginkan ke depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo, Akhmad Yulianto, mengatakan, ada banyak kriteria yang menjadi penilaian penentuan sekolah Adiwiyata.

Namun, yang utama yakni bagaimana murid-murid menyadari tentang lingkungan. Mulai dari hal sederhana, budaya buang sampan pada tempatnya. Serta, memanfaatkan sampah bisa menjadi benda berdaya guna.

“Penilainya ada beberapa instansiyang terkait dan LSM lingkungan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa dengan adanya penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi sekolah-sekolah. Sehingga, nantinya mereka memiliki kepedulian lebih terhadap lingkungan.

“Di Adiwiyata ini selain memberikan apresiasi, sekaligus juga mengajarkan pada adik-adik penerus bangsa untuk lebih peduli pada lingkungan,” pungkasnya.(Och)