Bupati As’at didampingi sekda Drs Masudi, M.SI saat melepas truck angkut Rastra

LUMAJANG – Memo Indonesia Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M.Ag melepas 6 unit truck bermuatan beras sejahtera (Rastra) yang disiapkan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) Probolinggo, untuk didistribusikan ke warga miskin yang tersebar di 21 Kecamatan, Senin (15/5) tadi pagi.

Dalam sambutannya, Bupati As’at menyampaikan, awalnya beras warga miskin ini bernama Raskin. Baru tahun ini, beras warga miskin itu dirubah namanya menjadi beras sejahtera (Rastra). Perubahan nama itu dilakukan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan harapan bisa meningklatkan kesejahteraan warga miskin khusunya masyarakat miksin Lumajang.“Sejak tahun 2015 hingga 2017 ini, warga miskin di Lumajang mengalami penurunan sekitar 3 jutaan,” ujar Bupati As’at.

 

Baca juga : Bupati Ajak Masyarakat Hidup Rukun dan Bersatu Membangun Lumajang

 

Rastra ini, lanjut Bupati, akan dibagikan kepada keluarga miskin sesuai dengan data dari masing-masing desa se kabupaten Lumajang per Kepala Keluarga mendapat jatah 15 kilo gram setiap bulannya selama 12 bulan ke depan. “Setiap KK penerima Rastra cukup membayar Rp. 1.600 perkilonya,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berharap kepada semua pihak terkait agar menjual beras ini dengan harga yang sama sehingga tidak menimbulkan persoalan di tengah masyarakat. Sebab, tidak menutup kemungkin adanya kecurigaan dan kecemburuan antar satu sama lain. Bupati juga berharap, adanya pengawasan yang serius dari pihak terkait.

“Kami harapkan dengan pendistribusian Rastra tahun ini, warga miskin di Lumajang terus menurun,” pungkasnya. (eni)