BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni mengklaim tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemkab Bondowoso di hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran mengalami peningkatan. Data yang dirilis oleh Bupati Amien saat konferensi press, Senin (3/7) di Aula BKD, disebutkan bahwa ASN yang bolos hari ini sekitar 0,12 persen dari total 4. 342 ASN.

Porsentase ini lebih kecil dibandingkan tahun 2016 yakni 1,31 persen dan 2015 sekitar 1,37 persen. “Tahun ini yang tidak hadir itu dari Kecamatan, Puskesmas, juga UPTD. Kalau OPD-nya semua hadir atau zero,” jelas Bupati.

 

Baca Juga : Hari Pertama Kerja, Bupati Amin Ajak ASN Luruskan Niat

 

Bupati Amin mengatakan ini merupakan hasil dari upaya Pemkab dalam pembinaan kedisiplinan. “Ini hasil dari upaya kita semua. Selain itu, sebelumnya kita juga telah mewanti-wanti dinas-dinas agar seluruh ASN tidak membolos setelah libur panjang,” tambahnya.

Sementara itu, terkait sanksi yang akan diberikan kepada lima orang yang membolos di hari pertama ini, kata Bupati, sanksinya akan disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku. “Pemberian sanksinya juga sesuai dengan kadar pelanggaran yang dilakukan,” tegasnya.

Untuk informasi, di hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran, Pemkab Bondowoso menggelar Sidak ke sejumlah SKPD. Sidak tersebut dilakukan tiga tim. Di antaranya kelompok satu dipimpin oleh Bupati Amin bersama Kepala BKD, Wawan Setiawan ke Dinas PUPR, Dispar dan Dinas Pertanian dan Peternakan. Kemudian tim kedua dilakukan oleh Wabup Salwa Arifin bersama Asisten 1, Agung Trihandono ke Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinkes serta BPKSD. Dan team terakhir dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Hidayat bersama, Moh. Erfan, ke Dikbud, Diskoperindag sertaa BLH dan Perhubungan. (och)