BONDOWOSO – Bupati Amin Said Husni menyerahkan asset daerah untuk Politeknik Negeri Jember kampus Bondowoso, dan Kepolisian Resort setempat, di Pendopo Bupati Senin (13/8). Adapun aset yang diserahkan yakni untuk tiga polsek di Jambesari, Botolinggo dan Taman Krocok yang digunakan sebagai pengembangan subsektor Polsek di wilayah masing-masing. Kemudian juga, diserahkan barang milik daerah, asset Pemkab Bondowoso kepada Politeknik Jember yang kemudian nanti akan dikelola menjadi kampus Poltek di Bondowoso.

“Saya bersyukur dan senang sekali bahwa Sebelum gajah itu mati masih sempat meninggalkan gading untuk dua Poli, yakni Politeknik dan Polisi,”urainya.

Ia menerangkan bahwa dua-duanya menjadi hal yang sangat penting untuk masa depan kabupaten Bondowoso, untuk bisa berkembang dengan baik. Salah satunya Polsek sebagai ujung tombak kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masayrakat, dan meciptakan keamanan dan ketertiban harus bisa berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu dengan penyerahan asset ini, dirinya berharap di tiga kecamatan yang selama ini berstatus Polsubsektor dapat bisa tingkatkan menjadi Polsek penuh.

“Dengan personil yang juga penuh sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan,”urainya.
Selanjutnya, kata Bupati Amin, penyerahan asset daerah untuk Poltek Jember di Bondowoso sebenarnya ini hanya geser dari saku kanan ke saku kiri, karena ini hanya memindahkan barang milik daerah dari Pemda pada Kemenristekdikti, selaku Pemerintah Pusat yang akan dilakukan sebagai Kampus Poltek di Bondowoso.

Bagi Pemkab, penyerahan ini merupakan investasi. Karena, lahan yang diserahkan ke Kemenristekdikti ini nilainya terlalu kecil dibanding nilai masa depan yang ingin diraih.

“Karena dengan diserahkan asset ini, Poltek Jember bisa lebih leluasa mengembangkan kampus ini menjadi tempat peningkatan dan penggodakan kualitas SDM Bondowoso di masa-masa yang akan datang,”urainya.

Ia pun berharap dengan dikelolanya Poltek Jember kampus Bondowoso dengan baik ini, maka tingkat melanjutkan masyarakat kota Tapai ini di Poltek Bondowoso akan semakin tinggi.

Di samping itu, multiplier effect yang muncul karena adanya beberapa mahasiswa dari luar kota. Datangnya mereka akan turut mendorong percepatan perputaran dan pertumbuhan ekonomi.

“Paling tidak akan semakin meramaikan took-toko, semakin meramaikan tempat kos-kosan, lalu lintas dan segala macem. Tentu secara ekonomi akan mendorong pertumbuhan ekonoi secara baik. Yang nanti menikmati keuntungannya, bukan hanya saja Pendidikan, tapi juga sisi ekonomi, social budaya dan lain-lain,”pungkasnya.

Tampak hadir, Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Direktur Poltek Jember Nanang Dwi Wahyono, Kejari Bondowoso Taufik H, dan beberapa OPD lainnya.(och)