BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengapresiasi kenerja ketua DPRD Ahmad Dhafir dan Sekda Hidayat dalam menjalankan tugas kepemerintahan. Bupati dua periode itu menyebut, keduanya yang masing-masing menjabat sebagai pimpinan legislatif dan tangan eksekutif sangat kompak. Sehingga hubungan harmonis tersebut sangat berdampak bagi percepatan peningkatan pembangunan daerah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ketua DPRD dan Pak Hidayat. Ini berkat sinergi antara eksekutif dan legislatif sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan. Penetapan APBD tidak pernah mengalami kesulitan yang berarti, sekalipun masih ada dinamikanya. Keduanya sangat kompak,” kata Bupati Amin di Aula EDC, saat meresmikan Bondowoso ramah pendidikan inklusif, Rabu (27/12).

Bupati Amin mengungkapkan sangat bersyukur keharmonisan tersebut dapat terjalin dengan baik. Amin meyakini bahwa keharmonisan merupakan modal besar bagi setiap Kabupaten yang ingin sistem pemerintahannya sehat. Sehingga dalam memutuskan sesuatunya berjalan dengan efisien. Tidak seperti yang terjadi pada salah satu kabupaten lain di Jawa Timur yang hingga di saat ini pembahasan APBD-nya belum selesai dikerenakan terjadi tumpang tindih pandangan.

Baca Juga : KH Qodir Syam Dukung Kader NU Jadi Pejabat Negara

“Kita bisa membandingkan dengan kabupaten yang lain. Menjelang akhir tahun 2017 ada Kabupaten yang APBD-nya masih mandek karena perbedaan pandangan. Makanya kita harus bersyukur bahwa kekompakan tim pemerintah dan tim DPRD ini. Harmonisasi itu merupakan modal yang sangat besar agar bisa melancarkan program-program selanjutnya,” ungkap Amin.

Amin yang sebentarlagi akan purna memaparkan seputar torehan prestasinya memimpin Bondowoso sejak awal tahun 2004. Salah satunya adalah keberhasilannya menaikkan angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang semula berada di urutan ke 37 hingga berhasil bertengger di urutan ke 31. Juga menurunnya angka kemiskinan yang semula 22 persen menurun hingga pada angka 14,9 persen. Amin berharap kekompakan tersebut terus berlanjut hingga peningkatan pembangunan Bondowoso makin maju.

“Kita ingin kekompakan itu terus terjalin,” pungkas Bupati asal Madura itu. (abr)