BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, menyayangkan keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang statusnya tidak terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemkab Bondowoso.

“Di Bondowoso ada 129. Saya yakin di luar pun mungkin jumalahnya lebih banyak lagi. Saya sering mendengar nama salah satu LSM. Namanya sangat populer, sering kuncul di media. Tapi setelah dicek di bakesbang ternyata tidak ada,” ungkap Bupati Amin saat membuka sosialisasi pemberdayaan ormas di pendapa Bupati, Selasa (7/8).

Bupati Amin mengimbau kepada seluruh Ormas yang belum mendaftarkan lembaganya ke Bakesbangpol, utamanya meliputi Lembaga Swada Masyarakat (LSM), untuk segera mengabsahkan status keberadaan mereka sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan.

“Oleh karena itu melalui Bakesbang saya minta agar berkempul agar direvitalisasi untuk lebih menguatkan posisi ormas untuk memaksimalkan program pembangunan. Agar ormas yang ada bisa menyesuikan dengan aturan perundang-undangan,” papar Amin.

Lebih lanjut Bupati Amin menjelaskan, bahwa peranan ormas sangat besar terhadap terhadap proses pembangunan daerah. Oleh karena itu, revitalisasi tersebut menjadi penting demi menyelaraskan orientasi ormas dengan program-program pembangunan daerah.

“Karena jumlahnya sangat banyak, maka negara mengatur untuk menyelerasakan dengan tujuan pembangunan,” pungkas Bupati asal Madura itu. (abr)